Alami Masa Kritis Berbulan-bulan, Helikopter Ingenuity Mars Bisa Kembali Terbang
Helikopter Ingenuity Terbang Singkat 18 Detik (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah berbulan-bulan dalam masa kritis, akhirnya helikopter Ingenuity yang berada di Planet Mars memiliki sedikit tenaga untuk melakukan penerbangan.

Kendaraan eksplorasi Mars milik NASA itu tiba-tiba melakukan penerbangan singkat selama 18 detik, dan mencapai ketinggian 16 kaki.

Ini merupakan penerbangan pertama Ingenuity setelah peningkatan perangkat lunak besar-besaran, yang secara signifikan mengubah sensor daratnya untuk menghilangkan cacat yang berpotensi kritis.

Meski singkat, peristiwa itu dihitung dalam penerbangan ke-34 Ingenuity sejak mendarat dengan robot penjelajah Perseverance di Mars pada 18 April 2021.

Baik penjelajah dan helikopter telah tampil mengagumkan selama satu setengah tahun terakhir, mengumpulkan data ilmiah yang sangat diperlukan tentang iklim, geologi, dan susunan keseluruhan Mars.

Sebagian besar informasi yang telah dikumpulkannya dapat menjadi sangat penting untuk misi berawak ke Planet Merah di masa mendatang. Saat peta menjadi lebih baik, analisis iklim dan tanah lebih tepat, dan teknologi lebih berkelanjutan, umat manusia semakin dekat untuk akhirnya menginjakkan kaki di dunia lain.

Menurut NASA dikutip dari Slashgear, Senin, 28 November, yang membuat penerbangan Ingenuity baru-baru ini begitu tegang adalah koreksi komprehensif pada sistem navigasinya. Sebelum pembaruan, program navigasi beroperasi dengan asumsi bahwa kendaraan akan selalu berada di atas tanah yang rata.

Namun, Mars memiliki medan lain dari Bumi, gunung terbesar dan ngarai terdalam di Tata Surya. Seperti yang diketahui oleh setiap programmer, menginstal firmware baru bukanlah apa-apa jika bukan untuk sesuatu yang krusial.

Sejauh ini, itu belum terjadi karena Ingenuity masih menjalankan misinya dan mengirimkan data penting kembali ke Bumi.

Helikopter kecil itu pada dasarnya adalah pengintai Perseverance, mengidentifikasi dan mengirimkan kembali data dasar tentang Mars. Sekarang navigasi telah disortir, diharapkan akan ada informasi yang lebih rinci tentang salah satu tetangga planet terdekat Bumi itu.