Pokémon Scarlet and Violet Jadi Peluncuran Seri Pokémon Terbesar Kedua di Inggris
Pokémon Scarlet and Violet jadi peluncuran terbesar di Inggris Raya (foto: Pokémon)

Bagikan:

JAKARTA - Meski mendapatkan kritik dan jauh dari kata sempurna, Pokémon Scarlet and Violet berhasil menjadi seri peluncuran terbesar di Inggris Raya. 

Menurut Gfk via GamesIndustry, Scarlet and Violet adalah rilis gim fisik terbesar tahun ini, dengan penjualan minggu peluncuran naik empat persen dari pemegang rekor sebelumnya, FIFA 23. 

Bahkan, peluncuran ini menjadi peluncuran terbesar kedua dari seri Pokémon yang pernah ada sebelumnya, yaitu tepat setelah Pokémon Sun and Moon di 3DS.

Menurut GamesIndustry, Sun and Moon sukses menjadi hit karena gim ini tiba di mana bertepatan dengan tingginya minat terhadap gim Pokémon setelah gim mobile Pokémon Go rilis pada tahun 2016.

GfK mencatat, Pokémon Scarlet dan Violet sebenarnya menghasilkan lebih banyak uang selama minggu peluncurannya dibandingkan dengan Sun and Moon. 

Harga jual rata-rata untuk Sun and Moon adalah 35 pound sterling (Rp650 ribu), jumlah ini jelas lebih rendah jika dibandingkan dengan Scarlet and Violet yang mencapai hingga 48 pounds sterling (Rp891 ribu). 

Versi Violet menyumbang 52% dari penjualan, sedangkan versi Scarlet menyumbang 42%. Sedangkan paket ganda yang menampilkan kedua gim menyumbangkan 6% sisanya. 

Penjualan minggu pertama Scarlet dan Violet adalah 25% lebih besar dari rilis Pokémon Sword and Shield yang diluncurkan di Switch pada November 2019. 

Jumlah tersebut juga 70% lebih besar dari remake Diamond dan Pearl tahun lalu dan 56% lebih besar dari Januari Legenda Pokémon: Arceus.