Penyederhanaan Kebijakan Google Perketat Aturan Untuk Aplikasi Anak-anak di Play Store
Google perluas program Teacher Approved di play store untuk aplikasi anak-anak (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Google mengumumkan beberapa pembaruan terkait kebijakan aplikasi yang dirancang untuk anak-anak, sebagai misinya untuk menciptakan pengalaman yang aman dan positif di Play Store.

Sebagai pembaruan tersebut, Google memperluas program "Teacher Approved", yang sudah ada sejak tahun 2020, dan dimaksudkan untuk menyoroti aplikasi berkualitas tinggi yang ditinjau dan diberi peringkat oleh pengajar dan spesialis perkembangan anak.

Melalui program ini, semua aplikasi di tab Anak Play Store, dan keluarga kini dapat menemukan aplikasi dan gim yang berkualitas dengan lebih mudah.

"Sebagai bagian dari investasi berkelanjutan kami di Teacher Approved, kami senang untuk memperluas program ini sehingga semua aplikasi yang memenuhi Kebijakan Keluarga Play akan memenuhi syarat untuk ditinjau dan ditampilkan di tab Anak," tulis Mindy Brooks, General Manager, Kids and Family dalam blog Google Android Developer beberapa waktu lalu. 

Perubahan ini akan membantu menyederhanakan beberapa kebijakan seputar aplikasi yang dibuat untuk anak-anak, yang ke depannya akan meningkatkan jumlah aplikasi yang memenuhi syarat untuk ditinjau untuk program Teacher Approved.

Selain itu, pembaruan kebijakan ini juga kan mendorong pembuat aplikasi android untuk mematuhi peraturan dan undang-undang yang lebih ketat seputar perangkat lunak yang menargetkan anak-anak.

"Tim pengajar dan pakar kami di seluruh dunia akan meninjau dan menilai aplikasi berdasarkan faktor-faktor seperti kesesuaian usia, kualitas pengalaman, pengayaan, dan kesenangan," tambah Brooks.

Untuk transparansi tambahan, Google juga akan menyertakan informasi dalam cantuman aplikasi tentang alasan aplikasi diberi peringkat tinggi untuk membantu orang tua menentukan apakah aplikasi tersebut tepat untuk anak mereka. 

Lebih lanjut, Google juga memperbarui program SDK Iklan Bersertifikasi Mandiri Keluarga. Pembuat SDK kini harus mengidentifikasi versi SDK mana yang sesuai untuk digunakan di aplikasi keluarga.

Tahun depan, semua developer Keluarga akan diwajibkan untuk hanya menggunakan SDK Iklan Tesertifikasi Mandiri Keluarga yang telah diidentifikasi oleh SDK sebagai layak untuk digunakan di aplikasi Keluarga. 

Dalam beberapa minggu mendatang, semua aplikasi yang menyertakan anak-anak sebagai target audiensnya akan dapat menunjukkan kepatuhan mereka terhadap persyaratan Kebijakan Keluarga Play dengan lencana khusus di bagian Keamanan Data.