<i>Metaverse Corner</i> pada DTE KTT G20 Tampilkan Transformasi Digital Pendidikan dan Perdagangan
Menkominfo kunjungi Metaverse Corner pada Digital Transformation Expo (DTE), KTT G20 (foto: IST)

Bagikan:

JAKARTA - Digital Transformation Expo (DTE) telah resmi dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate pada hari Minggu, 13 November 2022 di Nusa Dua, Bali. 

Dengan mengusung konsep “When Tomorrow is Now”, Metaverse Corner di Digital Transformation Expo (DTE), KTT G20 ini menampilkan dua tema, yaitu Pendidikan dan Perdagangan. 

Pada tema Pendidikan, Meta memperlihatkan masa depan pendidikan dan bagaimana teknologi dapat membuat pembelajaran lebih mendalam dan menarik dengan menggunakan teknologi AR yang dapat membantu memfasilitasi pembelajaran online dengan cara yang lebih interaktif, lebih dari sekadar layar 2D. 

Metaverse Corner akan menunjukkan bagaimana pembelajaran jarak jauh telah menjadi aspek penting dalam pendidikan dengan kemampuannya untuk melampaui batasan ruang dan waktu. 

Selanjutnya di tema Perdagangan,, Meta menghadirkan masa depan Perdagangan, di mana pengalaman "belanja online" di tingkat yang sangat berbeda melalui pengalaman belanja multi-sensor yang menggabungkan lima dimensi: persepsi, emosi, pemikiran, perilaku, dan hubungan ke dalam pengalaman ritel yang jauh lebih bermakna.

DTE ini sendiri terdiri atas enam area. Area pertama terdapat pintu masuk (entrance) yang memberikan gambaran pertama kolaborasi G20. Kemudian di area kedua terdapat Tunnel of Wonders yang berisi tampilan visual tentang kekayaan alam dan keindahan budaya Indonesia. 

Di area ketiga atau main area akan menampilkan perkembangan empat pilar transformasi digital Indonesia. Area keempat memberikan sajian perkembangan transformasi digital dari beberapa negara G20.

Selanjutnya di area terdapat World of Collaboration sebagai bentuk apresiasi Kementerian Kominfo atas peran multistakeholders dalam mendorong percepatan transformasi digital di area lima. 

The Metaverse Corner berada di area terakhir, yaitu area enam, yang menyajikan digital experience berbasis teknologi metaverse hasil kolaborasi dengan perusahaan teknologi anak bangsa dan global.