Lakukan Penghematan, Meta Umumkan Penghentian Proyek Jam Tangan Pintar
Mark Zuckerberg, akui kesalahannya dalam investasi di Meta. (foto: instagram @zuck)

Bagikan:

JAKARTA - Pemilik Facebook, Meta Platforms Inc., mengumumkan kepada karyawan pada Jumat, 11 November  bahwa mereka akan berhenti mengembangkan tampilan pintar dan jam tangan pintar. Selain itu juga menyatakan bahwa hampir setengah dari 11.000 pekerjaan yang dihilangkan minggu ini dalam langkah pemotongan biaya yang belum pernah terjadi sebelumnya adalah peran teknologi.

Berbicara selama pertemuan townhall karyawan yang didengar oleh Reuters, eksekutif Meta juga mengatakan bahwa mereka sedang mengatur ulang bagian-bagian perusahaan, menggabungkan unit panggilan suara dan video dengan tim perpesanan lain dan mendirikan divisi baru, Family Foundations, yang berfokus pada masalah teknik yang sulit.

Para eksekutif mengatakan bahwa PHK massal pertama dalam sejarah 18 tahun perusahaan media sosial itu mempengaruhi staf di setiap tingkat dan di setiap tim, termasuk individu dengan peringkat kinerja tinggi.

“Secara keseluruhan, 54% dari mereka yang diberhentikan berada di posisi bisnis dan sisanya dalam peran teknologi,” kata kepala sumber daya manusia Meta, Lori Goler, dikutip Reuters. “Tim perekrutan Meta dipotong hampir setengahnya.”

Para eksekutif mengatakan putaran lebih lanjut dari PHK tidak diharapkan. Tetapi pengeluaran lain harus dipotong, mencatat ulasan yang sedang berlangsung tentang kontraktor, real estat, infrastruktur komputasi dan berbagai produk.

Chief Technology Officer, Andrew Bosworth, yang menjalankan divisi Reality Labs yang berorientasi metaverse, mengatakan kepada stafnya bahwa Meta akan mengakhiri pekerjaannya pada perangkat layar pintar Portal dan pada jam tangan pintarnya.

“Meta telah memutuskan awal tahun ini untuk menghentikan pemasaran perangkat Portal, yang dikenal dengan kemampuan panggilan video, kepada konsumen dan fokus pada penjualan bisnis,” kata Bosworth.

“Ketika ekonomi menurun, para eksekutif baru-baru ini memutuskan untuk membuat perubahan yang lebih besar," katanya.

"Itu hanya akan memakan waktu lama, dan membutuhkan begitu banyak investasi untuk masuk ke segmen perusahaan, rasanya seperti cara yang salah untuk menginvestasikan waktu dan uang Anda," kata Bosworth.

Portal belum menjadi penghasil pendapatan utama dan menarik masalah privasi dari pengguna potensial. Meta belum mengungkap jam tangan pintar apa pun.

Bosworth mengatakan unit jam tangan pintar akan fokus pada kacamata augmented reality. Lebih dari setengah dari total investasi di Reality Labs akan augmented reality, tambahnya.

Chief Executive Officer, Mark Zuckerberg, pada Jumat lalu mengulangi permintaan maafnya pada Rabu 9 November tentang keputusannya harus memotong 13% dari tenaga kerja. Ia juga mengaku kepada karyawan bahwa dia telah gagal memperkirakan penurunan pendapatan pertama Meta.

Meta secara agresif dipekerjakan selama pandemi di tengah lonjakan penggunaan media sosial oleh konsumen yang terjebak di rumah. Tetapi bisnis mereka menderita tahun ini karena pengiklan dan konsumen menghentikan pengeluaran dalam menghadapi biaya yang melonjak dan suku bunga yang meningkat pesat.

Perusahaan juga menghadapi persaingan yang meningkat dari TikTok dan kehilangan akses ke data pengguna yang berharga yang mendukung sistem penargetan iklannya setelah Apple membuat perubahan berorientasi privasi pada sistem operasinya.

"Tren pendapatan jauh lebih rendah dari yang saya prediksi. Sekali lagi, saya salah. Ini adalah kesalahan besar dalam merencanakan perusahaan. Saya bertanggung jawab untuk itu," kata Zuckerberg.

Ke depan, tambahnya, dia tidak berencana untuk "secara besar-besaran" menumbuhkan jumlah karyawan unit Reality Labs.