Ratu Maxima dari Belanda Dukung Peluncuran Euro Digital, Ini Alasannya
Ratu Belanda, Máxima Zorreguieta Cerruti, mendukung euro digital. (foto: twitter @vaninaswchindt)

Bagikan:

JAKARTA – Ratu Belanda, Máxima Zorreguieta Cerruti, mengatakan dia mendukung usaha yang dilakukan oleh Bank Sentral Eropa dalam upayanya untuk meluncurkan euro digital.

Berbicara secara virtual pada konferensi Komisi Eropa bertajuk menuju kerangka legislatif yang memungkinkan euro digital untuk warga negara dan untuk bisnis, pada 7 November, Ratu mengatakan euro digital dapat mendorong inklusi keuangan di antara komunitas yang kurang terlayani dengan menghindari hambatan termasuk biaya transaksi dan persyaratan dokumentasi.

Menurut kerajaan , mata uang digital bank sentral, atau CBDC, di Uni Eropa dapat membantu mengurangi biaya pengiriman uang, tetapi mungkin memerlukan reformasi kebijakan dan pengamanan “untuk mengatasi kesulitan dan risiko.”

“Perwakilan sektor publik memiliki tugas untuk memastikan bahwa sistem keuangan terbuka, inklusif, dan responsif terhadap kebutuhan semua kelompok,” kata Ratu Maxima seperti dikutip Cointelegraph. “Jadi mari kita membayangkan masa depan yang lebih baik itu dan membangun euro digital yang bekerja untuk semua orang Eropa.”

Sebagai permaisuri Belanda sejak 2013, Máxima terkadang menggunakan platformnya untuk mengadvokasi teknologi keuangan sebagai sarana inklusi, khususnya mengutip CBDC. Belanda telah beroperasi di bawah monarki konstitusional sejak 1814, dan raja saat ini, Raja Willem-Alexander , memegang sebagian besar peran simbolis sebagai Presiden Dewan Negara Kerajaan Belanda. Ratu Máxima juga menjabat sebagai Penasihat Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Keuangan Inklusif untuk Pembangunan.

Belanda adalah negara tuan rumah untuk konferensi Bitcoin Amsterdam pada bulan Oktober lalu, sebuah acara yang menarik anggota kerajaan lainnya termasuk Pangeran Philip dari Serbia dan pembuat kebijakan termasuk mantan anggota Parlemen Eropa, Nigel Farage.

Pertukaran crypto yang berbasis di AS, Coinbase, juga mengumumkan ekspansinya ke Belanda setelah persetujuan peraturan dari bank sentral negara itu pada bulan September.