Substack Luncurkan Fitur Chat di Aplikasi Untuk Ngobrol dengan Penggemar
Substack luncurkan fitur Chat ke aplikasinya (foto: Substack)

Bagikan:

JAKARTA - Substack, platform online Amerika yang menyediakan penerbitan, pembayaran, analisis, dan infrastruktur desain untuk mendukung dalam berlangganan newsletter hari ini meluncurkan Chat di aplikasinya.

Berdasarkan keterangan yang dibagikan, Chat merupakan ruang baru bagi penulis dan pembuat konten untuk mengadakan percakapan dengan pelanggan mereka.

"Obrolan adalah ruang komunitas yang dirancang ulang khusus untuk penulis dan pembuat konten seperti memiliki jejaring sosial pribadi tempat Anda membuat aturan," tulis perusahaan.

Dengan Chat, nantinya penulis atau pembuat konten dapat mengatur topik dan nada untuk setiap diskusi, mereka juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini kapan saja.

Semua penulis, podcaster, dan pembuat video sudah dapat mengaktifkan fitur Chat ini di iOS untuk sementara. Chat akan meluncur untuk pengguna Android dan web di masa mendatang.

"Mengaktifkan Chat akan memperluas hubungan yang telah dikembangkan oleh penulis dan pembuat konten dengan pelanggan di Substack. Penulis dapat menyelenggarakan percakapan Obrolan untuk semua pelanggan mereka, atau hanya mereka yang membayar," jelas perusahaan.

Perusahaan menjelaskan alasan di balik pembuatan fitur Chat ini. Pertama, perusahaan menilai bahwa tulisan di Substack kini telah berkembang, dan bagian komentar dipenuhi dengan diskusi yang cerdas, dan komunitas pelanggan mulai terbentuk. 

Karena itu, beberapa penulis bahkan mengambil langkahnya sendiri untuk dapat terhubung langsung dengan pembacanya melalui grup Discord, Slack, dan juga Telegram. 

Karena itu, Substack akhirnya meluncurkan Chat untuk memudahkan penulis dapat melakukan percakapan lebih sering dengan orang-orang yang paling menghargai karya 

Jika Anda memiliki perangkat iOS dan ingin mengaktifkan Chat untuk publikasi Anda, berikut cara melakukannya:

  1. Dapatkan aplikasi iOS Substack
  2. Mulai utas pertama Anda
  3. Umumkan Chat kepada pembaca Anda