GM Tarik Kembali Produksi GMC Hummer EV dan BrightDrop EV600, Ini Alasannya!
GMC Hummer EV (Foto: GM)

Bagikan:

JAKARTA - General Motors menarik kembali produk GMC Hummer EV dan van listrik BrightDrop EV600 karena adanya masalah kemungkinan air masuk ke dalam kemasan baterai mobil. 

Penarikan tersebut tampaknya mempengaruhi 735 EV Hummer GMC, model tahun 2022 dan 2023 serta 89 van listrik GM dari model tahun 2022. 

GM mengatakan, model tersebut dinilai sebagai kegagalan rekayasa sederhana, di mana flens pada penutup pekat baterai mungkin tidak dilapisi dengan benar. 

Melansir Green Car Reports, keputusan GM untuk menarik kembali model ini adalah karena adanya tiga laporan masuk pada bulan Agustus, bahwa ada masalah air yang masuk ke dalam kemasan baterai. 

Dari tiga laporan tersebut, dua kasus diantaranya menyatakan bahwa kendaraan tidak mau hidup, sedangkan kasus lainnya mengatakan kendaraan hilang tenaga saat mengemudi. 

Jika air menyebabkan kerusakan baterai, GM mencatat bahwa "satu atau lebih lampu indikator kerusakan dapat menyala," dengan pesan peringatan yang ditampilkan di layar pengemudi. 

Saat diselidiki pada bulan Agustus, dokumentasi penarikan mengungkapkan adanya perubahan dalam prosedur segel diterapkan.

Untuk mengatasi masalah ini, GM memberitahu dealer pada 13 Oktober lalu untuk memeriksa penutup kemasan baterai. Sementara itu, pemberitahuan pemilik akan dimulai pada 28 November. 

Pengemudi disarankan untuk memeriksa nomor identifikasi kendaraan (VIN) mereka di GM Owner Center, atau mereka dapat menghubungi Hotline Keamanan Kendaraan NHTSA di 888-327-4236 .

Pada bulan Agustus GM mengonfirmasi bahwa air mungkin bocor melewati konektor tegangan tinggi ke dalam kemasan di beberapa kendaraan. Masalah itu diselesaikan dengan perjalanan ke dealer untuk sealant tambahan yang diterapkan ke konektor.