Toyota dan BYD Segera Luncurkan Sedan Listrik Kecil bZ3   untuk Pasar China
Sedan bZ3 produksi Toyota dan BYD akan meluncur di China. (foto: byd)

Bagikan:

JAKARTA - Toyota Motor Corp  pada Senin, 24 Oktober mengumumkan peluncuran sedan listrik kecil, yang akan ditenagai oleh baterai produksi BYD Co. Kendaraan ini akan diproduksi dan dijual di China.

Pembuat mobil asal Jepang ini mengatakan mobil itu akan disebut Toyota bZ3. Namun tidak disebutkan secara pasti kapan kendaraan ramah lingkungan itu akan tersedia di showroom.

Ini adalah model kedua dalam seri Beyond Zero (bZ) baru dari kendaraan listrik baterai (BEV) dari Toyota. Pabrik mobil terbesar di Jepang itu selama ini telah mendapatkan kritik dari para aktivis lingkungan dan investor hijau karena tidak menggunakan BEV dengan cukup cepat.

Toyota sendiri telah merencanakan untuk mengungkap bZ3, yang menggunakan baterai Blade BYD yang tidak terlalu besar, di pameran mobil Beijing pada bulan April lalu. Namun acara tersebut dibatalkan karena pandemi COVID-1.

Menurut laporan Reuters, bZ3 dikembangkan bersama oleh Toyota dan BYD. Mobil listrik ini akan mengisi ceruk mobil listrik kecil yang saat ini memiliki pasar yang sangat besar di China.