Parlemen Inggris Amandemen UU Layanan Keuangan yang Akan Mengatur Kegiatan Terkait Aset Kripto
Anggota Parlemen dan Sekretaris Keuangan untuk Departemen Keuangan Inggris, Andrew Griffith. (foto; twitter @griffitha)

Bagikan:

JAKARTA - Amandemen Undang-Undang Layanan Keuangan dan Pasar sekarang di tangan parlemen Inggris, yang akan memperluas kekuatan undang-undang untuk mengatur promosi keuangan dan kegiatan lain untuk aset kripto. Amandemen tersebut ditulis oleh Anggota Parlemen dan Sekretaris Keuangan untuk Departemen Keuangan Inggris, Andrew Griffith.

RUU setebal 335 halaman itu diperkenalkan pada Juli lalu dan dibacakan kedua kalinya di House of Commons pada 7 September. Menurut pernyataan dan penjelasan yang menyertai amandemen, RUU itu akan mengklarifikasi bahwa kekuatan yang berkaitan dengan promosi keuangan dan aktivitas yang diatur dapat diandalkan untuk mengatur aset kripto dan aktivitas yang berkaitan dengan aset kripto.

Financial Conduct Authority (FCA), regulator keuangan Inggris, menerbitkan surat "Dear Chief Executive" pada 9 Agustus, yang merinci strategi pengawasannya atas apa yang disebut "portofolio alternatif" perusahaan keuangan.

 “Kami akan menerbitkan aturan akhir untuk promosi aset kripto setelah Departemen Keuangan meresmikan undang-undang untuk membawa ini ke dalam kewenangan kami,” bunyi surat tersebut, yang dikutip Cointelegraph.

Sebagian besar bisnis terkait crypto di Inggris tidak berada di bawah kendali FCA untuk saat ini, meskipun mereka memiliki opsi untuk mengajukan pendaftaran dan akan diminta untuk melakukannya tahun depan.

Proses pendaftaran saat ini hanya melihat pada langkah-langkah Anti Pencucian Uang dan Penanggulangan Pendanaan Terorisme dan telah terbukti menantang bagi banyak pelamar.

FCA juga mengambil tindakan terhadap iklan produk keuangan berisiko tinggi pada Agustus dan secara eksplisit menyatakan bahwa aset kripto dapat berisiko, tetapi agensi belum mengaturnya. Otoritas Standar Periklanan negara itu lebih agresif dalam memantau iklan terkait kripto.

Pendahulu Griffith sebagai sekretaris keuangan, Richard Fuller, menyatakan pada September lalu bahwa pemerintah berkomitmen untuk menjadikan Inggris sebagai “pusat teknologi kripto.” Pada 10 Oktober, Komite Parlemen Eropa untuk Urusan Ekonomi dan Moneter meloloskan RUU Pasar dalam Aset Kripto dan pemungutan suara parlemen penuh diharapkan segera terjadi.