Interpol Akan Bentuk Divisi Khusus Tangani Kejahatan Kripto dan Aset Digital
Sekretaris jenderal Interpol, Jürgen Stock. (foto: twitter @INTERPOL_SG )

Bagikan:

JAKARTA - Organisasi Polisi Kriminal Internasional atau Interpol dilaporkan berencana untuk memperkuat tindakan kerasnya terhadap kejahatan terkait cryptocurrency dengan membentuk divisi khusus kripto.

Kantor berita India, Business Standard, melaporkan pada 17 Oktober bahwa Interpol, organisasi kepolisian global terbesar di dunia,  juga telah membentuk tim khusus di Singapura untuk membantu pemerintah memerangi kejahatan yang melibatkan aset virtual,

Interpol membuat pengumuman pada konferensi pers menjelang sidang umum ke-90 di Delhi, yang akan dihadiri oleh pejabat tinggi polisi dari 195 anggotanya dari 18 Oktober hingga 21 Oktober.

Menurut sekretaris jenderal Interpol, Jürgen Stock, tidak adanya kerangka hukum untuk cryptocurrency seperti Bitcoin dan Ether menimbulkan tantangan besar bagi lembaga penegak hukum. “Karena sangat sering, agensi tidak dilatih dengan baik dan dilengkapi dengan baik” untuk mengatasi kejahatan cryptocurrency pada awalnya,” ungkap Stock dalam laporannya yang dikutip Cointelegraph.

Stock juga menunjukkan bahwa cryptocurrency dan cybercrime akan menjadi fokus utama agenda di majelis umum Interpol di India.

Praveen Sinha, direktur khusus Biro Investigasi Pusat India, menegaskan bahwa semakin sulit untuk memantau kejahatan dunia maya. Ia juga menyoroti peran Interpol dalam membangun dan mengembangkan kerja sama polisi yang lebih baik di tingkat global.

“Satu-satunya jawaban adalah kerja sama internasional, koordinasi, kepercayaan, dan berbagi informasi secara real-time,” kata Sinha.

Berita itu muncul segera setelah Interpol mengeluarkan "pemberitahuan merah (red notice)" kepada penegak hukum global pada September lalu untuk penangkapan salah satu pendiri Terraform Labs, Do Kwon.

Jaksa Korea Selatan di Seoul sebelumnya juga sudah meminta Interpol untuk mengedarkan "red notice" untuk Do Kwon di 195 negara anggota Interpol untuk menemukannya setelah runtuhnya ekosistem Terra pada Mei 2022.

Upaya terbaru Interpol untuk melacak kejahatan cryptocurrency dengan lebih baik bukanlah inisiatif pertama agensi untuk mendapatkan lebih banyak keterampilan terkait crypto. Interpol telah bekerja untuk mendapatkan lebih banyak keahlian untuk mempelajari tentang transaksi cryptocurrency dan mengidentifikasi aktivitas kriminal di darknet setidaknya pada tahun 2015.

Pada tahun 2020, Interpol bermitra dengan perusahaan keamanan siber Trend Micro untuk mengurangi cryptojacking yang memengaruhi router di seluruh Asia Tenggara. Agensi tersebut juga bekerja sama dengan startup intelijen data Korea Selatan, S2W Lab, untuk menganalisis aktivitas web gelap, termasuk transaksi cryptocurrency pada Maret 2020.