Tesla Puncaki Daftar Penjualan Mobil Listrik di Jerman, Kalahkan Grup Volkswagen
Karyawan Tesla di Berlin merayakan pembuatan Tesla Model Y yang ke-2000. (foto: twitter @tesla)

Bagikan:

JAKARTA - Tesla kini menduduki puncak penjualan kendaraan baterai-listrik di Jerman dalam sembilan bulan pertama tahun ini di hampir 38.500. Dari data pemerintah federal Jerman juga menunjukkan, pabrik mobil asal AS itu telah mengalahkan merek Volkswagen  yang hanya sekitar 6.000 kendaraan.

Penjualan baterai-listrik Tesla melonjak hampir 50% dari periode Januari-September tahun lalu, sementara Volkswagen turun 40% menjadi lebih dari 32.300 sejalan dengan penurunan yang lebih luas di sebagian besar merek Grup Volkswagen di pasar mobil terbesar Eropa.

Menurut data dari otoritas transportasi motor federal, hanya Audi dan Seat yang melihat peningkatan jumlah mobil baterai-listrik yang terdaftar di Jerman di antara merek Volkswagen Group,

Secara global, Volkswagen Group melihat total pengiriman kendaraan baterai-listrik naik 25% pada Januari-September jika dibandingkan dari tahun sebelumnya. Ini adalah angka yang dirilis oleh produsen mobil tersebut minggu lalu.

Tetapi kemacetan rantai pasokan telah memukul produsen mobil itu di Eropa, di mana inflasi dan kenaikan biaya energi juga membebani permintaan.

Di semua jenis kendaraan, mesin pembakaran, hibrida dan baterai-listrik , pengiriman kendaraan Grup Volkswagen secara global turun 12,9% tahun ini, seperti yang mereka laporkan pekan lalu. Eropa menjadi wilayah yang paling terpukul dalam hal penurunan penjualan.

"Situasi tegang pasokan komponen telah berulang kali menyebabkan penyesuaian dalam produksi. Kami mengharapkan stabilisasi pasokan selama tahun mendatang," kata juru bicara Volkswagen tentang data tersebut, seperti dikutip Reuters.

Tesla telah melihat rekor pengiriman secara global tetapi juga berjuang dengan tantangan logistik dan pengiriman lebih sedikit pada kuartal ketiga seperti diperkirakan para analis. Ini semua akibat kondisi perekonomian akhir tahun ini yang kurang baik.