Crew Dragon dari SpaceX Bawa Kembali dengan Selamat Empat Astronot dari ISS
Empat astronot kembali dari ISS. (foto: twitter @ISS)

Bagikan:

JAKARTA - Tim astronot berdurasi panjang keempat yang diluncurkan oleh SpaceX ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) kembali dengan selamat ke Bumi pada Jumat, 14 Oktober. Mereka  mendarat di Samudra Atlantik di lepas pantai Florida, setelah hampir enam bulan melakukan penelitian di pos terdepan orbit Bumi.

Kapsul SpaceX Crew Dragon yang dijuluki Freedom, membawa tiga astronot NASA dari AS dan seorang awak Italia dari European Space Agency, terjun ke laut pada akhir penerbangan otonom lima jam pulang dari ISS.

 Splashdown di bawah langit cerah, sekitar 16:55 EDT (20:55 GMT), disiarkan langsung oleh webcast NASA-SpaceX bersama.

Freedom mulai mengorbit pada 27 April 2022. Para kru terdiri dari astronot NASA, Kjell Lindgren, 49, sesama warga Amerika Jessica Watkins, 34, dan Bob Hines, 47, serta Samantha Cristoforetti, 45, dari Italia, yang menjadi komandan ekspedisi ISS mereka.  Watkins menjadi wanita Afrika-Amerika pertama yang bergabung dengan misi ISS berdurasi panjang.

Dalam waktu kurang dari satu jam, tim pemulihan telah mengangkat Crew Dragon yang terbakar panas ke kapal pengambilan sebelum membuka palka samping kapsul dan membantu keempat astronot keluar satu per satu untuk menghirup udara segar pertama mereka dalam lebih dari 24 minggu.

Masih mengenakan pakaian antariksa putih-hitam dan helm mereka, kekuatan dan keseimbangan mereka goyah setelah mengalami 170 hari keadaan tanpa bobot. Kemudian keempat kru dibantu ke brankar khusus saat mereka melambaikan tangan dan mengacungkan jempol ke kamera.

Di antara mereka, yang menyapa para astronot ini di dek kapal, astronot veteran NASA Megan McArthur.

Setiap astronot yang kembali harus menjalani pemeriksaan kesehatan rutin di atas kapal sebelum diterbangkan dengan helikopter kembali ke Florida.

Menurut NASA, selama tinggal di stasiun luar angkasa, para kru mengorbit Bumi 2.720 kali - sekitar sekali setiap 90 menit - untuk mencatat jarak sekitar 72 juta mil (116 juta km) di luar angkasa.

Tim tersebut ditunjuk sebagai "Crew-4," kelompok astronot jangka panjang keempat yang diluncurkan ke ISS oleh SpaceX sejak perusahaan roket swasta yang didirikan oleh CEO Tesla Inc Elton Musk mulai menerbangkan personel NASA pada Mei 2020 .

Adapun sebagian besar kru ISS, misi utama mereka adalah berbasis sains, yang mencakup sejumlah eksperimen dan demonstrasi teknologi.

Sorotan termasuk penelitian tentang perubahan yang disebabkan oleh gayaberat mikro dalam sel manusia yang mirip dengan yang terkait dengan penuaan, dan mendokumentasikan efek perbaikan pola makan di orbit pada fungsi kekebalan, kesehatan gastrointestinal, dan indikator nutrisi.

Mereka juga berpartisipasi dalam studi perilaku api dan bahan bakar dalam keadaan tanpa bobot, dan budidaya tanaman dalam bahan pertumbuhan berbasis cairan dan udara sebagai pengganti tanah.

Keluarnya mereka terjadi seminggu setelah tim pengganti mereka, Kru-5, tiba di stasiun - seorang kosmonot Rusia, seorang astronot Jepang dan dua awak NASA, termasuk wanita asli Amerika (suku Indian) pertama di orbit.

Kru-5 tetap berada di ISS bersama dua orang Rusia lainnya dan seorang Amerika ketiga yang berbagi penerbangan Soyuz ke ISS pada bulan September. Salah satu kosmonot itu, Serge Prokofiev, mengambil alih komando ISS dari Cristoforetti sebelum keberangkatan Crew-4.

ISS, yang membentang sepanjang lapangan sepak bola AS, terus diduduki sejak tahun 2000, dioperasikan oleh kemitraan yang dipimpin AS-Rusia yang mencakup Kanada, Jepang, dan 11 negara Eropa.

Terkait