ESA Rancang Pembangkit Listrik Tenaga Surya Berbasis Luar Angkasa, Siang-Malam Terus Pancarkan Energi
Pembangkita listrik tenaga surya di ruang angkasa segera dibuat. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pembangkit tenaga surya di luar angkasa diperkirakan akan dapat menyediakan sumber energi terbarukan yang andal ke jaringan dan menawarkan opsi alternatif untuk listrik tenaga nuklir di masa depan.

Badan Antariksa Eropa (ESA) kini sedang mencari rencana yang akan memanfaatkan fakta bahwa matahari tidak pernah berhenti bersinar di ruang angkasa, dan sinar matahari jauh lebih intens di sana daripada di permukaan bumi.

Ini akan melibatkan perakitan satelit beberapa mil panjangnya di orbit dengan susunan matahari, yang akan membuatnya terus diterangi oleh matahari lebih dari 99 persen dari waktunya.

Energi akan dipancarkan kembali ke Bumi melalui gelombang radio frekuensi tinggi dan daya tersebut akan dihasilkan siang dan malam terlepas dari seperti apa cuaca di permukaan planet kita saat itu.

Pendukung gagasan tersebut mengatakan bahwa satu pembangkit listrik mungkin dapat mengirimkan sekitar dua gigawatt daya terbarukan ke dalam jaringan, yang hampir sama dengan pembangkit listrik tenaga nuklir di Bumi.

Studi terbaru menunjukkan konsep tersebut, yang disebut tenaga surya berbasis ruang angkasa, secara teoritis dapat diterapkan dan dapat mendukung jalan untuk mendekarbonisasi sektor energi.

Namun, para ahli mengatakan ketidakpastian yang signifikan dan tantangan teknis masih tetap ada, itulah sebabnya mengapa program penelitian dan pengembangan yang dikenal sebagai SOLARIS ini baru diusulkan.

Fisika yang terlibat dalam proyek ini berarti bahwa satelit-satelit ini harus berukuran besar, sekitar beberapa kilometer, dan hal yang sama berlaku untuk pengumpulan 'rektenna' di permukaan bumi.

Hal ini pada gilirannya akan membutuhkan kemajuan teknis di bidang-bidang seperti manufaktur dalam ruang dan perakitan robot, fotovoltaik efisiensi tinggi, elektronik daya tinggi, dan pembentukan sinar frekuensi radio.

Penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi efek gelombang mikro berdaya rendah pada kesehatan manusia dan hewan serta kompatibilitas dengan pesawat terbang dan satelit juga harus dilakukan.

menurut Dr Sanjay Vijendran, yang telah mempelajarinya untuk ESA,  teknologi tersebut dapat menawarkan 'pilihan alternatif untuk tenaga nuklir',

“Ini adalah jenis pertanyaan teknis yang akan dilihat SOLARIS, untuk mengeksplorasi lebih lanjut kelayakan konsep, sehingga Eropa dapat membuat keputusan yang tepat pada tahun 2025 tentang apakah akan melanjutkan program Tenaga Surya Berbasis Luar Angkasa di masa depan,” kata Vijendran seperti dikutip Daily Mail Online.

“Sebagai nilai tambah, setiap terobosan yang dicapai di area ini akan sangat berharga, berlaku untuk banyak upaya penerbangan luar angkasa lainnya,” ucapnya. “Kesalahan yang sering dibuat adalah membandingkan konsep tersebut dengan tenaga surya berbasis darat, ketika benar-benar tenaga surya luar angkasa menawarkan karakteristik baru seperti daya beban dasar yang sebenarnya berfungsi untuk melengkapi daripada bersaing dengan sumber intermiten seperti matahari tanah dan angin.”

“Dalam hal ini mereka dapat menawarkan pilihan alternatif untuk tenaga nuklir di masa depan - di mana penelitian menunjukkan bahwa solusi berbasis ruang angkasa akhirnya menjadi sangat kompetitif,” ucap Vijendran.

Proposal program muncul pada titik ketika minat global pada tenaga surya berbasis ruang angkasa berada pada titik tertinggi selama beberapa dekade, dengan demonstrasi di orbit sedang dipersiapkan di AS, Cina, dan Jepang.

Inggris juga telah membentuk Inisiatif Energi Luar Angkasa untuk mengembangkan tenaga surya berbasis ruang angkasa, sementara Komisi Eropa mendanai sebuah proyek yang menyelidiki reflektor ringan besar yang mengarahkan sinar matahari ke ladang tenaga surya di tanah yang disebut SOLSPACE.

“Mempertimbangkan krisis iklim dan energi, dan langkah cepat yang kami buat dalam kemampuan luar angkasa, sekaranglah saatnya untuk menyelidiki apakah tenaga surya berbasis ruang angkasa dapat menjadi bagian dari solusi - ini adalah hal yang bertanggung jawab untuk dilakukan,” tambah Dr Vijendran .

Sebuah laporan oleh konsultan teknik Frazer-Nash memperkirakan bahwa pembangkit listrik tenaga surya berbasis ruang angkasa pertama dapat online pada tahun 2040-an dengan biaya sekitar  16 miliar pound sterling (Rp 271 triliun). Setelah itu, setiap satelit tambahan dapat menelan biaya sekitar 5 miliar pound (Rp 84,7 triliun).

Diperkirakan bahwa ini akan memberikan daya pada 50 pound (Rp 847 ribu) per MWh, yang hampir sama dengan sumber terbarukan lainnya.

Pembangkit nuklir Sizewell C 3.2GW di Suffolk, sementara itu, diperkirakan menelan biaya 20-30 miliar pound (Rp339 triliun- 508,5 triliun) dan akan mampu menghasilkan listrik untuk enam juta rumah hingga 60 tahun.

Terkait