Gara-gara Badai Ian NASA Tunda Peluncuran Artemis I Hingga Akhir November
Artemis I batal diluncurkan Oktober ini. (foto: twitter @nasa)

Bagikan:

JAKARTA – Setelah berulang kali gagal, akhirnya peluncuran roket Space Launch System (SLS) NASA yang telah lama dinanti, kini dipastikan untuk ditunda hingga pertengahan November mendatang. NASA sendiri sudah membatalkan rencana peluncuran 27 September setelah munculnya Badai Ian di Amerika.

NASA mengumumkan pada Jumat, 30 September  bahwa mereka mentargetkan untuk  meluncurkan Artemis I antara 12 November dan 27 November.

Meskipun awalnya ada sedikit peluang bahwa upaya peluncuran NASA berikutnya dapat terjadi pada bulan Oktober, namun akhirnya dibatalkan setelah NASA memutuskan untuk mengembalikan roket ke Vehicle Assembly Building (VAB) untuk melindunginya dari badai. NASA berhasil mengamankan roket pada Selasa, 27 September setelah perjalanan selama berjam-jam ke VAB.

Badai Ian mendarat di Florida sebagai badai Kategori 4, tetapi melemah menjadi badai tropis pada saat mencapai Kennedy Space Center pada Kamis, 29 September. NASA mengatakan "tidak ada kerusakan pada perangkat keras penerbangan Artemis akibat badai, dan bahwa fasilitasnya hanya mengalami "intrusi air kecil."

Peluncuran Artemis I NASA akan mengirim kapsul Orion tanpa awak dalam perjalanan mengelilingi Bulan,  yang membuka jalan bagi misi masa depan yang akan membawa wanita dan orang kulit berwarna pertama ke permukaan bulan.

Upaya peluncuran pertama badan tersebut terhenti setelah roket mengalami masalah mesin, sementara yang kedua rusak karena adanya kebocoran "besar" yang terjadi ketika para insinyur mengisi roket dengan bahan bakar hidrogen cair dingin.

Pengujian selanjutnya dari sistem bahan bakar roket menunjukkan bahwa kebocoran masih ada, tetapi pada tingkat yang lebih "dapat dikelola". Sekarang roket kembali ke VAB, sementara NASA mengatakan akan "mempersiapkan inspeksi tambahan" dan menguji ulang Sistem Terminasi Penerbangan, yang digunakan Angkatan Luar Angkasa untuk menghancurkan roket jika keluar jalur.