Dalam Hitungan Jam Misi Bersejarah ke Bulan NASA Artemis I Akan Diluncurkan! Ini Cara Menontonnya
Artemis I dari NASA segera meluncur. (foto: Tangkapan Layar Twitter NASA / Citra)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa jam lagi NASA akan melakukan misi bersejarah untuk meluncurkan mega roket Space Launch System (SLS) ke Bulan.

Peluncuran ini akan dilakukan pada Rabu pagi tepat 10.30 WIB atau Selasa malam PT langsung dari landasan Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat (AS).

Sebelumnya misi ini gagal meluncur akibat masalah teknis, cuaca ekstrem dan badai yang terus berdatangan di wilayah tersebut. Namun akhirnya NASA menetapkan hari ini untuk meluncurkan misi yang sangat ditunggu-tunggu itu.

Dalam peristiwa bersejarah ini, roket paling kuat di dunia SLS akan mengirim pesawat ruang angkasa Orion tanpa awak untuk terbang melewati Bulan sebagai bagian dari misi Artemis I, menandai dimulainya era baru eksplorasi ruang angkasa.

Untuk menonton persiapan peluncuran, serta peluncurannya sendiri, NASA menayangkannya melalui saluran YouTube NASA. NASA juga akan menyiarkan langsung pemandangan Bumi yang spektakuler dari kamera di Orion.

Sebagai informasi, misi Artemis I yang berhasil akan membuka jalan bagi Artemis II, yang akan terbang di jalur yang sama, tetapi kali ini dengan awak kapal.

Setelah itu, Artemis III akan bertujuan untuk menempatkan wanita pertama dan orang kulit berwarna pertama di permukaan bulan, kemungkinan paling cepat pada 2025.