Diskominfo Samarinda Berharap Masyarakat Gunakan Media Digital untuk Kegiatan Produktif
Diskominfo Samarinda saat melakukan edukasi Literasi digital ke masyarakat di Kecamatan Sambutan. (foto: dok. antara)

Bagikan:

SAMARINDA - Penggunaan media digital harus terus ditingkatkan menjadi sesuatu yang produksif bagi masyarakat. Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda, Kaltim, meminta para pengguna media digital mengenali potensi diri untuk menjadi lebih produktif guna membantu mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang lebih unggul dalam memanfaatkan internet.

"Seperti Jerome Polin, mahasiswa yang mendapatkan beasiswa kuliah di Jepang Jurusan Matematika. Dia membuat konten vlog sehari-hari di Jepang dan disukai oleh masyarakat Indonesia. Berawal dari membuat konten video dia mendapatkan penghasilan yang cukup besar," kata Kepala Bidang Pengelolaan Pelayanan Informasi Diskominfo Kota Samarinda Euis Eka Aprilyani di Samarinda, Sabtu, 1 Oktober.

Menurutnya, hal itu juga bisa dialami oleh para pengguna media digital di Samarinda apabila setelah mengenali potensi diri selanjutnya potensi tersebut dijadikan sebagai produk digital dengan tetap konsisten mengembangkan potensi tersebut.

Terkait hal tersebut, Diskominfo Samarinda turun melakukan edukasi ke masyarakat di Kecamatan Sambutan pada Kamis 29 September. Dengan memanfaatkan teknologi digital masyarakat bisa meningkatkan ekonomi sesuai kapasitas diri masing-masing.

"Literasi digital adalah pengetahuan seseorang atau pengguna dalam memanfaatkan media digital. Media digital yang dimaksud ini meliputi jaringan internet, alat komunikasi dan lain sebagainya. Maksud pengetahuan tersebut adalah kemampuan untuk mengumpulkan, menggunakan dan memanfaatkan media digital secara bijak," paparnya.

Sebelumnya Diskominfo Samarinda telah melakukan edukasi Peningkatan Literasi Digital di Kecamatan Samarinda Ulu.

Selain itu, ada juga pemanfaatan media digital dengan cara lain seperti berbisnis di suatu platform yang menawarkan produk dan layanan dari banyak penjual dan dapat dibeli secara daring.

"Tidak perlu mempunyai tempat berjualan yang strategis sudah bisa memulai bisnis dari sekarang. Tidak perlu berfikir keras untuk promosi karena ada media sosial sebagai tempat promosi kita," jelasnya.

Euis Eka Aprilyani juga mengatakan program peningkatan literasi digital diharapkan bisa mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif serta produktif.