Apa Itu True Tone, Penjelasan dan Cara Kerja
Apa Itu True Tone (foto: Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Apple dikenal dengan perangkatnya yang ramping dan cepat yang dilengkapi dengan fitur dan teknologi canggih terbaru, salah satunya dikenal sebagai True Tone. Lalu, apa itu true tone?

Setiap penggemar iPhone mungkin sudah akrab dengan True Tone. Fitur teknologi ini di banyak layar Apple, muncul pertama kali pada tahun 2016 di iPad Pro dan diintegrasikan ke dalam jajaran iPhone sejak iPhone 8.

Tapi apa itu True Tone, dan apakah itu fitur yang harus Anda perhatikan? Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

Apa Itu True Tone?

Iphone (Unsplash)

 

True Tone merupakan fitur tampilan yang disertakan pada beberapa perangkat Apple, termasuk jajaran iPhone, iPad, dan MacBook. Ini adalah teknologi sensor yang menyesuaikan kecerahan layar Anda sesuai dengan lingkungan Anda, dengan tujuan membuat layar lebih nyaman di mata.

Ini berarti bahwa jika Anda menggunakan ponsel pada hari musim panas, layar akan cerah dan tampak lebih hangat agar sesuai dengan lingkungan Anda, dengan Apple mengklaim bahwa layar akan menjaga warna dan intensitas tetap konsisten, terlepas dari perubahan cahaya sekitar.

Bagaimana True Tone bekerja?

True Tone bekerja melalui campuran jam dan geolokasi yang membantu menyesuaikan warna tampilan secara otomatis. Ini juga menggunakan sensor multisaluran canggih yang mampu mengukur cahaya sekitar di sekitar Anda, membuat prosesnya tampak mulus.

Teknologi ini menyesuaikan white balance layar Anda agar sesuai dengan cahaya di sekitar Anda, yang seharusnya memudahkan membaca layar Anda secara efektif di lingkungan apa pun, dan secara teori, layar seharusnya jauh lebih nyaman untuk dilihat.

Bisakah saya mengaktifkan True Tone?

Perangkat apa pun yang memiliki fitur True Tone akan mengaktifkannya secara otomatis, artinya Anda tidak perlu menyalakannya setelah menghidupkan telepon, meskipun dapat dimatikan.

Di iPhone dan iPad, itu dapat dimatikan dengan membuka 'Pengaturan', masuk ke 'Tampilan dan Kecerahan' dan kemudian mengaktifkan tombol True Tone.

Di Mac, itu dapat ditemukan di 'System Preferences', lalu 'Displays' di mana Anda dapat mencentang atau menghapus centang True Tone.

Apakah True Tone terkait dengan Night Shift?

Night Shift adalah fitur yang diperkenalkan Apple di iOS 9.3. Ini menggunakan jam dan geolokasi iPad atau iPhone untuk secara otomatis menyesuaikan warna di layar ke ujung spektrum yang lebih hangat setelah gelap. Idenya adalah untuk mengurangi paparan cahaya biru, yang merangsang otak dan dapat membuat Anda tetap terjaga, yang menyebabkan tidur malam yang buruk.

Night Shift bekerja seperti True Tone, tetapi untuk alasan yang berbeda. Ini memberikan layar yang lebih hangat lebih dekat ke waktu tidur Anda untuk mengurangi jumlah cahaya biru yang dipancarkan dari layar.

Alhasil, tampilan tampak lebih oranye. Tampilan yang lebih hangat seharusnya jauh lebih nyaman untuk membaca larut malam ketika cahaya sekitar cenderung lebih rendah. Apple menunjukkan bahwa cahaya biru dapat mempengaruhi tidur kita dengan membuang ritme sirkadian kita, yang memoderasi jam tubuh kita.

Setelah mengetahui papa itu true tone, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!