Alasan Intel Ceraikan Merek Pentium dan Celeron
Ilustrasi Photo Intel (foto: Alexandru-Bogdan Ghita / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Intel berencana untuk menghapus julukan prosesor Celeron dan Pentium. Perusahaan mulai melakukannya pada 2023.

Dalam unggahan blog resmi yang dikutip, Senin, 19 September, Intel mengumumkan perpisahan nama Pentium dan Celeron untuk prosesor PC serta selulernya. Keduanya akan digantikan oleh branding sederhana Intel Processor.

Perusahaan beralasan, mereka hanya ingin menyederhanakan pada tumpukan produknya.

“Baik untuk bekerja atau bermain, pentingnya PC menjadi semakin jelas seiring dengan laju perkembangan teknologi yang terus membentuk dunia. Intel berkomitmen untuk mendorong inovasi guna memberi manfaat bagi pengguna, dan rangkaian prosesor tingkat pemula kami sangat penting untuk meningkatkan standar PC di semua titik harga," ujar wakil presiden Intel dan manajer umum sementara Mobile Client Platforms, Josh Newman.

"Branding Prosesor Intel yang baru akan menyederhanakan penawaran kami sehingga pengguna dapat fokus dalam memilih prosesor yang tepat untuk kebutuhan mereka," imbuhnya.

Karenanya, dengan arsitektur merek baru ini, Intel berencana akan mempertajam fokusnya pada merek andalan mereka, seperti Intel Core, Intel Evo, Intel vPro.

Sebagai informasi, Pentium branding diperkenalkan kembali pada 1993, dan Celeron mengikutinya lima tahun kemudian pada 1998. Keduanya terkait dengan produk dasar entry level saat ini. Pentium terkenal karena memiliki kinerja tinggi setidaknya sampai CPU Intel Core debut di 2006.