Miramax Selesaikan Gugatan pada Quentine Tarantino atas NFT di Film Pulp Fiction
Salah satu ilustrasi adegan di Pulp Fiction. (foto: dok. Pulp Fiction)

Bagikan:

JAKARTA - Miramax telah menggugat sutradara Quentine Tarantino pada November tahun lalu setelah penyedia blockchain Secret Network mengumumkan lelang atas adegan skenario yang tidak dipotong dari film Pulp Fiction yang dirilis 1994 sebagai NFT.

Pulp Fiction adalah sebuah film kriminal tahun 1994 karya sutradara Quentin Tarantino. Sementara penulis naskah cerita film tersebut bersama Roger Avary. Film ini dibintangi oleh John Travolta, Samuel L. Jackson, Uma Thurman, Bruce Willis, Tim Roth, dan Ving Rhames.

Studio film itu mengklaim bahwa mereka memiliki semua hak atas film "Pulp Fiction," kecuali yang disediakan untuk Tarantino, yang mengecualikan token yang tidak dapat dipertukarkan.

Perusahaan sedang mengembangkan strategi NFT sendiri pada saat itu. Dalam sebuah pernyataan, pengacara studio Bart Williams menulis: “Upaya satu kali ini mendevaluasi hak NFT untuk “Pulp Fiction,” yang ingin dimaksimalkan Miramax melalui pendekatan strategis dan komprehensif.”

Pada siaran pers lelang, Secret Network mengklaim bahwa Tarantino memiliki "hak eksklusif untuk menerbitkan skenario Pulp Fiction-nya dan salinan asli tulisan tangan tetap menjadi harta kreatif pribadi yang telah dia simpan selama beberapa dekade." Lelang ini telah mengumpulkan 1,1 juta dolar AS pada bulan Januari, tetapi diikuti oleh pembatalan penjualan NFT tambahan karena perselisihan Miramax dan Tarantino.

Tarantino dan Miramax telah bermitra dalam produksi sukses lainnya, seperti "Kill Bill: Volume 1 dan 2". "Pulp Fiction". Mereka berhasil meraup keuntungan hingga 107,93 juta dolar AS di Amerika Serikat dan 213 juta dolar AS di seluruh dunia dalam beberapa tahun sejak film dirilis pada tahun 1994.

Kini, Sutradara Hollywood Quentin Tarantino dan produser Miramax tampaknya telah menyelesaikan gugatan mereka atas token nonfungible (NFT) terkait dengan film blockbuster Pulp Fiction setelah pertempuran hukum selama berbulan-bulan.

Miramax dilaporkan berencana untuk menarik gugatannya dalam waktu dua minggu dan berkolaborasi dengan pembuat film di masa depan, termasuk pada proyek NFT.