Polisi Federal Australia Bentuk Tim Khusus Kejahatan Kripto
Kepolisian Australia bentuk Satgas Kripto. (foto; twitter @AusFedPolice)

Bagikan:

JAKARTA – Para Penegak hukum di Australia kini membentuk kelompok polisi khusus yang berusaha untuk meningkatkan keahliannya pada cryptocurrency dan melacak transaksi crypto. The Australian Financial Review melaporkan pada Senin, 5 September bahwa Polisi Federal Australia (AFP) kini juga telah membentuk unit cryptocurrency baru yang fokus pada pemantauan transaksi terkait crypto,

Stefan Jerga, manajer nasional komando penyitaan aset kriminal AFP, mengatakan bahwa penggunaan kripto dalam aktivitas kriminal telah meningkat secara signifikan sejak AFP melakukan penyitaan kripto pertamanya pada awal 2018. Sebagai tanggapan, AFP juga memutuskan untuk membentuk tim kripto khusus pada bulan Agustus lalu.

Peningkatan fokus pada transaksi kripto ilegal terjadi di tengah upaya AFP menyita lebih banyak aset kriminal daripada yang diperkirakan oleh otoritas sebelumnya. AFP secara resmi melaporkan pada hari Senin bahwa mereka mencapai tujuannya untuk menyita 600 juta dolar AS dari kejahatan keuangan dua tahun lebih cepat dari jadwal. Target tersebut awalnya ditetapkan oleh Satgas Penyitaan Aset Kriminal yang dipimpin AFP dan diharapkan akan tercapai pada tahun 2024.

Sejak Februari 2020, AFP telah menyita 380 juta dolar AS dalam bentuk properti perumahan dan komersial, 200 juta dolar AS dalam bentuk tunai dan rekening bank, dan 35 juta dolar AS dalam bentuk mobil, kapal, pesawat terbang, karya seni, barang mewah, dan mata uang kripto.

Jerga juga mencatat bahwa penyitaan crypto kecil dibandingkan dengan aset kriminal "tradisional" seperti properti dan uang tunai, tetapi fokus tambahan diharapkan memberikan lebih banyak wawasan.

Menurut manajer AFP, lingkungan memicu pembentukan tim yang berdiri sendiri, bertentangan dengan banyak petugas yang “mengambil beberapa keahlian ini sebagai bagian dari peran mereka secara keseluruhan.”

Dia menambahkan bahwa kemampuan untuk melacak transaksi kripto di seluruh blockchain adalah “sangat, sangat penting” di samping keamanan nasional, perlindungan anak, dan lainnya.

Awal tahun ini, seorang pejabat di Pusat Laporan dan Analisis Transaksi Australia (AUSTRAC) menyatakan skeptisisme tentang transparansi cryptocurrency. Wakil kepala eksekutif AUSTRAC, John Moss, berpendapat bahwa cryptocurrency dapat digunakan secara anonim, cepat dan melintasi perbatasan internasional, yang menjadikannya “menarik bagi penjahat,” termasuk kelompok neo-Nazi.

Berlawanan dengan kepercayaan populer, yang menganggap bahwa Bitcoin adalah anonim, transaksi Bitcoin sendiri sebenarnya tidak anonim. Sebaliknya, mereka dapat dilacak secara publik melalui penjelajah blockchain. Meskipun secara teknis dimungkinkan untuk menjalankan dompet BTC secara anonim, namun semakin sulit untuk melakukan transaksi BTC secara anonim karena transaksi cukup sering dikaitkan dengan data Kenali Pelanggan Anda.