Microsoft Tambahkan <i>Sidebar</i> Baru ke Browser Edge, Berselancar di Internet Jadi Lebih Asyik
Microsoft telah menambahkan sidebar baru ke browser Edge, ()foto: tangkapan layar/voi.id)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft telah menambahkan sidebar baru ke browser Edge-nya dengan tombol yang memungkinkan Anda melihat informasi tentang sebuah situs, memeriksa email, mengakses Microsoft Office. Bahkan pembaruan ini bisa menghapus elemen penting dari sebuah resep dari postingan yang terlalu panjang (melalui Windows Central).

Fitur baru ini tampaknya dibangun di atas fungsi "Cari di bilah sisi" ( “Search in sidebar” ) yang ditambahkan ke Edge pada tahun 2020, tetapi menambahkan lebih banyak kemampuan multitasking.

Bilah samping menyertakan beberapa panel kecil namun berguna, seperti panel yang memungkinkan Anda menelusuri web dan membaca artikel dengan cepat, atau panel yang menyertakan berbagai widget, seperti kalkulator, kamus, uji kecepatan internet, dan pengonversi satuan.

Beberapa panel lebih lengkap fiturnya; yang Outlook, misalnya, memungkinkan Anda membaca dan mengirim email, serta melihat kalender Anda. Ini bisa dilakukan  selama Anda masuk ke akun Microsoft.

Sayangnya, panel Microsoft Office tidak begitu berguna. Itu memang memberi Anda pintasan cepat ke dokumen terbaru, serta ke aplikasi seperti Word, PowerPoint, dan Excel, dengan mengkliknya hanya akan membukanya di tab baru.

Lalu ada panel sidebar "Discover", yang menjanjikan untuk menambahkan "info yang relevan secara kontekstual untuk halaman mana pun." Dari pengujian, itu dapat mencakup informasi tentang situs berita yang memberi peringkat seberapa andal dan akuratnya dan menunjukkan info tentang negara mana orang mengunjunginya.

Ini juga melakukan yang terbaik untuk menambahkan konteks untuk artikel tertentu di situs tersebut, atau untuk hal-hal lain yang Anda baca, biasanya dengan informasi dari Wikipedia.

Mungkin salah satu trik panel Discover yang paling berguna adalah ketika Anda berada di situs resep, di mana bilah sisi akan secara otomatis mengeluarkan daftar bahan, berpotensi menyelamatkan Anda dari keharusan menelusuri paragraf tentang penyanyi favorit penulis — meskipun Saya perhatikan bahwa Anda mungkin masih harus melakukannya jika Anda ingin membaca instruksi sebenarnya tentang apa yang harus dilakukan dengan bahan-bahan tersebut.

Bilah sisi itu sendiri agak dapat disesuaikan. Anda dapat menyembunyikan atau menampilkannya menggunakan pintasan keyboard (Control + Shift + / secara default), dan dapat memilih tombol mana yang ingin Anda tampilkan.

Microsoft mengatakan berencana untuk menambahkan "fitur baru ke sidebar di masa depan," tetapi untuk saat ini ada cukup banyak yang mungkin layak untuk dicoba jika Anda adalah pengguna Edge.

Jika bilah sisi tidak muncul secara otomatis, pastikan Anda menggunakan browser versi terbaru, lalu klik menu “···” di kanan atas. Anda akan melihat tombol "Tampilkan bilah sisi". Jika tidak, buka Pengaturan> Tampilan, dan gulir ke bawah ke bagian Sesuaikan bilah alat, di mana ada tombol "Tampilkan bilah sisi".