Instagram Beri Pembaruan Terhadap Fitur Kontrol Konten Sensitif untuk Pengguna Baru di Bawah 16 Tahun
Pembaruan fitur kontrol konten sensitif instagram (foto: Instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Instagram memiliki fitur untuk mengontrol konten sensitif untuk pengguna di bawah umur dengan dua opsi, yaitu "Standar" dan "Less".

Pada 25 Agustus kemarin, Instagram memperbarui alat Kontrol Sensitif mereka, di mana platform tersebut akan menerapkan opsi "Less" secara default kepada pengguna baru Instagram yang berusia di bawah 16 tahun.

Pada dasarnya, perusahaan telah memperkenalkan fungsi ini pada bulan Juli tahun lalu, yang memungkinkan pengguna untuk memutuskan seberapa banyak konten sensitif yang ditampilkan di bagian "Explore".

Lalu, beberapa bulan kemudian Meta memperluas alat Kontrol Konten Sensitif nya di mana mereka menambahkan opsi yang bisa diterapkan yaitu "Less", "Standar", dan "More".

Opsi More akan memungkinkan Anda untuk melihat konten dari akun yang bersifat sensitif, namun opsi ini tidak akan tersedia untuk pengguna di bawah 18 tahun. 

Kemudian opsi Standar, merupakan opsi yang diterapkan oleh platform secara default ke semua pengguna, untuk mencegah pengguna mengakses fitur sensitif seperti kekerasan atau seksual. 

Yang terakhir, opsi Less akan membatasi lebih banyak gambar atau video yang muncul di Instagram agar pengguna yang mengaktifkannya lebih aman. 

Untuk memberikan perlindungan lebih, pengguna baru yang berusia di bawah 16 tahun akan secara default menggunakan opsi "Less".

Kemudian, untuk pengguna yang sudah memiliki akun sebelumnya, akan diberikan notifikasi untuk mengaktifkan Kontrol Konten Sensitif dengan opsi "Less".

Dengan cara ini, postingan yang bersifat sensitif tidak akan muncul di menu Explore, Reels, halaman Hastag, dan lain sebagainya.