Penerbangan Roket Komersial SpaceX Bersama NASA ke ISS
Astronaut Crew-1 (dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - SpaceX bekerja sama dengan NASA kembali bersiap meluncurkan roket Crew Dragon ke Stasiun Ruang Angkasa Internasional (International Space Station/ISS). Misi ini menandai penerbangan komersial ke ruang angkasa untuk pertama kalinya.

Dikutip dari Space, Minggu 15 November, peluncuran kali ini merupakan buah kesuksesan perusahaan milik Elon Musk dalam penerbangan komersial ke luar angkasa. Setelah berhasil mengirim dua astronaut NASA ke ISS menggunakan kapsul Crew Dragon pada 30 Mei lalu. 

Misi yang dinamai Crew-1 ini akan membawa astronaut NASA Michael Hopkins, Victor Glover, Shannon Walker, serta astronaut Jepang Soichi Noguchi. Ini jadi kali kedua bagi SpaceX dan NASA untuk mengirim astronaut ke luar angkasa. 

"Kami siap untuk peluncuran ini. Kami siap untuk enam bulan pekerjaan yang menunggu kami di Stasiun Luar Angkasa Internasional, dan kami siap untuk kembali," astronot NASA Mike Hopkins.

Mengingat peluncuran misi luar angkasa ini dilakukan di masa pandemi. Keempat astronaut telah menjalani karantina dan pemeriksaan medis yang dilakukan sejak 31 Oktober lalu. 

Misi Crew-1 akan menunggangi roket SpaceX Falcon 9 dan akan lepas landas di Kennedy Space Center, Cape Canaveral, Florida. Peluncuran dijadwalkan pada 19.49 waktu setempat, dengan perkiraan waktu perjalanan untuk mencapai ISS dalam waktu 8,5 jam kemudian.

Ekspedisi ini akan berlangsung hingga 18 April 2021. Di sana para astronaut akan melakukan sejumlah tugas terhadap instrumen ilmiah yang ada di stasiun luar angkasa tersebut. 

Peluncuran roket komersial SpaceX dan Crew-1 akan disiarkan secara live streaming di kanal YouTube NASA TV. Penerbangan ini adalah misi operasional pertama Crew Dragon menggunakan roket dan pesawat luar angkasa komersial pertama yang dirancang SpaceX untuk membawa astronaut ke ISS.