Mampu Hasilkan Gambar dengan Jelas Meski Backlight, Intip Keunggulan NPU MariSilicon X
Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia for OPPO Reno, A, and IoT di Jakarta, Rabu, 3 Agustus (foto: Dinda Buana Putri/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kemajuan teknologi sekarang ini mampu menciptakan produk-produk yang luar biasa. Salah satu contoh produk yang selalu mengikuti perkembangan teknologi adalah smartphone.

Banyak merek smartphone yang berlomba-lomba menawarkan berbagai fitur terbaru menggunakan teknologi-teknologi baru. Salah satu unsur penting dalam teknologi smartphone adalah Neural Processing Unit (NPU).

Melansir dari Opengenus, NPU merupakan mikroprosesor yang berspesialisasi dalam akselerasi algoritme Pembelajaran Mesin, biasanya dengan beroperasi pada model prediktif. Hal ini juga dikenal sebagai prosesor saraf.

Salah satu NPU hasil inovasi di dunia smartphone adalah MariSilicon X. MariSilicon X merupakan Chipset yang diluncurkan oleh perusahaan elektronik Oppo Electronics Corp. 

Perusahaan mengatakan bahwa, NPU MariSilicon X merupakan sebuah teknologi pencitraan pertama yang mereka dikembangkan, di mana pemrosesan RAW dapat dilakukan secara real-time sehingga pengguna dapat merekam video menggunakan fitur 4K AI Night Video dan menampilkan live preview dengan kualitas yang menakjubkan.

MariSilicon X didasarkan pada teknologi fabrikasi 6 nm dan memberikan daya komputasi Al yang sangat efisien hingga 18 Triliun Operasi per Detik (18 TOPS). MariSilicon X juga melakukan pengurangan noise Al pada video 4K 30fps dengan peningkatan efisiensi daya 11,6x 

"Dengan melakukan pemrosesan real-time, lossless dalam domain RAW, MariSilicon X dapat melakukan pemrosesan Al tingkat lanjut untuk menangkap video 4K dengan rentang ultra dinamis hingga 20 bit," kata Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia for OPPO Reno, A, and IoT pada Rabu, 3 Agustus di Jakarta.

Selain 4K Ultra Night Video, MariSilicon X juga memungkinkan menangkap Video 4K Ultra HDR menggunakan kamera belakang, bahkan dengan cahaya latar yang sangat kuat

Selain itu, perusahaan mengklaim kalau MariSilicon X dibangun di atas teknologi proses 6nm, yang menggabungkan NPU, ISP, dan arsitektur memori multi-tier yang canggih. 

MariSilicon X memiliki DDR khusus dengan bandwidth ekstra hingga 8,5 GB/dtk. Arsitektur memori multi-tiernya sangat meminimalkan penundaan (delay) dan mengurangi konsumsi daya.

Kemudian, dengan teknologi ISP (Image Signal Processing) terbaru yang terdapat dalam chipset, memungkinkan kamera mereka menangkap gambar dengan dynamic range empat kali lebih tinggi daripada produk ponsel mereka sebelumnya.

"Bekerja sama dengan SoC, MariSilicon X menghadirkan Video 4K Ultra-clear di kamera belakang. Dalam mode 4K Ultra-clear Video, kejernihan gambar 4 kali lebih tinggi dari video 1080P. Terlebih lagi, algoritma HDR Fusion dan AINR membantu meningkatkan rentang dinamis video malam sebesar 42,9%," tambahnya. NPU MariSilicon X akan digunakan dalam model Oppo Reno 8 Pro 5G.