Stasiun TV Liberal Dozhd Kini Streaming dari Luar Rusia, Kritisi Kebijakan Putin
Ilustrasi studio televisi. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Stasiun TV independen Rusia yang berhaluan liberal Dozhd (TV Rain) melanjutkan siaran pada Senin malam, 18 Juli dari luar negeri setelah terpaksa menutup studionya di Moskow menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

Dozhd, yang digambarkan dalam film tahun 2021 "Tango with Putin", dikunjungi dan dipuji pada tahun 2011 oleh Presiden Dmitry Medvedev saat itu ketika baru berusia satu tahun, dan sebagian besar apolitis.

Tapi seperti semua media independen Rusia, media ini terus diganggu sejak Vladimir Putin kembali ke kursi kepresidenan pada 2012.

Pada Senin lalu, mereka telah menerima lisensi penyiaran Uni Eropa dan akan bekerja dari studio di Latvia, Prancis dan Belanda - serta Georgia, di mana banyak orang Rusia yang tidak nyaman dengan perang telah pindah ke negara itu sejak Februari.

Stasiun itu juga akan melakukan streaming di YouTube, yang tidak disensor di Rusia dan kemungkinan satu-satunya cara bagi kebanyakan orang di Rusia dapat melihat siaran mereka.

“Karena undang-undang represif dan sensor militer yang diadopsi di Rusia, kami terpaksa meninggalkan rumah kami. Sekarang kami melanjutkan pekerjaan kami dari luar negeri,” kata pernyataan Dozhd, seperti dikutip Reuters.

Saat Rusia menjadi lebih otoriter, terutama setelah penindasan protes terhadap hasil pemilu 2012, sebuah stasiun yang menyebut dirinya "Saluran Optimistis" merasa tidak bisa lagi mengabaikan politik.

Pada tahun 2014, Saluran itu dibuang dari jaringan siaran setelah melakukan jajak pendapat di mana responden mengatakan Uni Soviet seharusnya menyerahkan Leningrad kepada Hitler pada tahun 1941 alih-alih melawan pengepungan Nazi selama hampir 900 hari. Ini dianggap  sebuah subversi dari cita-cita perlawanan masa perang dan penegasan Nilai-nilai Rusia yang ingin dibangkitkan oleh Putin.

Pada tahun 2021, Dozhd dikeluarkan dari kolam pers Kremlin dan diberi label "agen asing". Penunjukan tersebut memaksanya untuk menambahkan penafian untuk semua outputnya,  sekarang terbatas pada internet, dan memberlakukan sejumlah kewajiban administratif.

Pada 1 Maret, pengawas komunikasi Rusia mengumumkan bahwa mereka memblokir siaran Dozhd, menuduhnya menyebarkan "informasi palsu yang disengaja tentang tindakan personel militer Rusia" di Ukraina. Keesokan harinya, Dozhd mengumumkan bahwa timnya telah meninggalkan Rusia.