Era Baru Perfilman Muncul Saat CODA dari Apple + Menangkan Oscar, Terima Kasih untuk Pandemi
Para kru CODA yang memenangkan Oscar. (foto: twitter @tim_cook)

Bagikan:

JAKARTA – Apple TV+ dari Apple Inc., membuat sejarah pada Minggu, 27 Maret, sebagai layanan streaming pertama yang memenangkan Oscar dalam kategori gambar terbaik untuk film "CODA." Film ini adalah sebuah drama yang mengharukan tentang putri dari orang tua tunarungu yang mengejar hasratnya untuk bermain musik.

Layanan streaming itu membeli "CODA" dengan rekor biaya sebesar 25 juta dolar AS (Rp359 miliar) setelah debut film itu pada tahun 2021 di Sundance Film Festival. Sejak itu film ini telah mengumpulkan momentum sepanjang musim penghargaan, seperti memenangkan penghargaan tertinggi dari penghargaan Producers Guild, Screen Actors Guild, dan Writers Guild.

"CODA" menghadapi persaingan ketat dari film barat Netflix yang diakui para kritisi, "The Power of the Dog," yang mengumpulkan selusin nominasi. Sutradara film ini, Jane Campion, menerima Academy Award.

Gambar terbaik Oscar menandakan seberapa jauh industri telah berkembang sejak 2017, ketika festival film Cannes melarang film-film yang tidak dirilis di layar lebar untuk bersaing memperebutkan hadiah paling bergengsi, Palme d'Or. Itu dianggap sebagai penghinaan yang disengaja terhadap layanan streaming seperti Netflix.

Dilaporkan oleh Reuters, Ketika pandemi global memaksa bioskop tutup pada tahun 2020, Academy of Motion Picture Arts and Sciences memodifikasi aturan penerimaan Oscar. Mereka untuk sementara mengubah persyaratan yang ada selama ini bahwa film layar lebar yang selama tujuh hari tayang di bioskop yang dianggap memenuhi syarat.

Ini membuat film yang tak tayang di bioskop punya kans untuk ikut penilaian. Hal itu mewakili momen penting untuk film yang debut melalui layanan streaming di rumah.

Film terbaik Oscar juga menandai tonggak sejarah bagi Apple TV+, yang diluncurkan pada November 2019 dengan beberapa serial asli dan tidak ada di perpustakaan film dan acara TV.

Apple TV+ mengalami terobosan pada bulan September 2021, ketika komedi fish-out-of-water-nya, "Ted Lasso," tentang seorang pelatih sepak bola Amerika yang bekerja di klub sepak bola Inggris, menerima Penghargaan Emmy untuk serial komedi yang luar biasa.

"Jika Apple memenangkan penghargaan gambar terbaik yang didambakan dengan CODA, itu akan mengkatalisasi lebih banyak bakat A+ yang datang ke Apple terlebih dahulu (atau di braket teratas) dan meningkatkan langganan,” kata analis Wedbush Securities, Daniel Ives, yang menulis tentang hal ini sebelum penghargaan tersebut diumumkan.