Banyak Penipuan Mengatasnamakan Brand Terkenal, Pakar Beri Saran Ini!
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pakar keamanan siber Kaspersky menemukan aktivitas kejahatan siber baru yang mengatasnamakan perusahaan teknologi NVIDIA.

Menurut Olga Svistunova, pakar keamanan di Kaspersky, penipuan kripto yang menggunakan foto artis atau merek terkenal menjadi marak belakangan ini.

"Kali ini, penyerang melakukan hal yang lebih jauh, membuat situs palsu mengatasnamakan CEO NVIDIA dan menghubungkan situs ke acara spesial perusahaan. Saran utama kami adalah untuk berhati-hati menelusuri tautan yang Anda ikuti di internet, dan hindari donasi dalam bentuk apapun dari sumber yang belum terpercaya," jelas Svistunova lebih lanjut.

Selain saran tadi, untuk menghindari penipuan, simpanlah dana dan data pribadi secara hati-hati, Pakar Kaspersky menyarankan beberapa langkah sederhana:

  • Cek setiap tautan sebelum di klik. Lihat URL jika ada salah pengejaan atau kejanggalan lainnya.
  • Kadang, situs palsu mirip seperti aslinya. Tergantung dari seberapa canggih kriminal ini membuatnya. Hyperlink sering mempunyai kesalahan, baik dalam pengejaan kata, namun tautan tersebut bisa juga terlihat asli dan membawa Anda ke laman yang berbeda, meniru situs yang aslinya.
  • Untuk melindungi data dan finansial, pastikan Anda selalu check out atau logout (keluar) dari akun pembayaran Anda. Anda akan tahu apakah URL situs dimulai dari HTTPS, yang biasanya HTTP; ikon kunci juga sering muncul di samping URL dan bilah alamat, biasanya ditunjukan dengan warna hijau di beberapa browser. Jika Anda tidak melihat fitur ini, jangan lakukan aktivitas apapun.
  • Gunakan solusi keamanan terpercaya yang dapat membantu memeriksa keamanan URL yang Anda kunjungi, produk ini juga dapat membantu Anda mengakses situs apapun dalam mode perlindungan untuk menghindari pencurian data pribadi, termasuk detail finansial.