Facebook dan Instagram Bakal Kirim Notifikasi Pemenang Pilpres AS
Capres Donald Trump dan Joe Biden (Raga Granada/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Facebook akan mengumumkan hasil resmi pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) lewat notifikasi di setiap platform media sosialnya. Nantinya Facebook dan Instagram juga akan mengunggah postingan berisi tautan resmi dari hasil Pilpres AS.

Juru Bicara Facebook Tom Reynolds mengatakan, notifikasi tersebut akan berisi pengumuman resmi terkait siapa kandidat presiden yang menang dalam Pilpres AS 2020. 

"Perusahaan berencana menunjukkan nama kandidat dalam notifikasi bagian atas Facebook dan Instagram," kata Reynolds seperti dikutip dari The Verge, Jumat, 6 November.

Pesan notifikasi tersebut akan bersumber dari mayoritas pemberitaan nasional seperti, Reuters ABC News, CBS News, Fox News, NBC News, CNN, dan The Associated Press guna memberikan informasi yang akurat. Termasuk hasil resmi yang akan diumumkan oleh pemerintah. 

Selain itu Reynolds mengatakan Facebook juga akan menghentikan klaim tidak benar seputar hasil penghitungan suara di beberapa negara bagian. "Kami mengambil langkah tambahan sementara, untuk mencegah konten semacam ini menjangkau lebih banyak orang."

Dijelaskan Reynolds langkah-langkah tersebut dilakukan untuk menurunkan distribusi konten yang dianggap sistem sebagai misinformasi, dan menyanggah klaim sepihak tentang pemungutan suara. Selain itu, Facebook juga membatasi distribusi live streaming terkait Pilpres AS.

Sejauh ini perusahaan besutan Mark Zuckerberg, telah mencekal 300.000 akun dari grup 'Stop the Steal' karena menggaungkan tindak kekerasan untuk menentang hasil pilpres AS. Facebook juga memblokir sejumlah tagar yang terkait klaim tak mendasar mengenai kecurangan pemilu.