TikTok Uji Coba Pengaturan Streaming Langsung untuk Penonton Berusia 18+
Pengaturan pembatasan 18+ TikTok sedang diuji secara terbatas (foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA -  TikTok mengonfirmasi bahwa mereka sedang menguji pengaturan baru yang memungkinkan pengguna membatasi streaming langsung mereka untuk penonton berusia 18 tahun ke atas. 

Perusahaan dibalik aplikasi TikTok, ByteDance mengatakan kepada TechCrunch, bahwa perusahaan sedang melakukan uji coba secara terbatas terhadap pengguna tertentu saja. 

Tangkapan layar yang ada di firma intelijen produk Watchful.ai menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki akses ke opsi baru ini dapat menavigasi ke pengaturan aplikasi dan  mereka bisa mengaktifkan tombol "Tema Dewasa (Mature Themes)".

Setelah mengaktifkannya, Anda akan melihat tulisan "Hanya pemirsa berusia 18 tahun ke atas yang dapat melihat langsung Anda", dan TikTok akan secara otomatis membatasi streaming langsung tersebut. 

Namun, perlu dicatat meskipun ada pengaturan pembatasan (18+), bukan berarti Anda bebas menyiarkan konten dewasa, perusahaan akan tetap menghapus konten Anda jika melanggar pedoman komunitas aplikasi, yang mencakup kebijakan tentang ketelanjangan, aktivitas seksual, dan kekerasan.

Pengaturan baru ini akan datang dalam beberapa bulan setelah TikTok mengatakan ingin mulai mengidentifikasi konten mana yang sesuai untuk remaja yang lebih muda dan lebih tua versus orang dewasa. 

TikTok juga mengatakan, mereka sedang mengembangkan sistem untuk mengidentifikasi dan membatasi jenis konten tertentu agar tidak dapat diakses oleh remaja dan meminta semua pembuat konten untuk menentukan kesesuaian konten mereka terhadap penonton dewasa.