3 Aplikasi Ini Bisa Anda Gunakan untuk Dapatkan Feedback Secara Anonim
Opsi lain untuk melakukan QnA secara anonim (foto: iStock)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini sedang viral aplikasi QnA anonim di Instagram. Banyak orang yang menggunakan fitur anonim ini untuk mengungkapkan pikiran dan pendapat tapi tidak ingin dikenali. 

Aplikasi anonim ini memiliki dampak positif dan negatif. Positifnya, Anda bisa mengungkapkan apa yang Anda rasa dan Anda pikiran terhadap orang tersebut tanpa harus diketahui. Tapi negatifnya, ketika Anda menggunakan aplikasi ini menghujat atau melontarkan kata-kata tidak pantas kepada orang lain. 

Jika Anda ingin mengetahui apa yang orang lain pikirkan tentang Anda secara anonim, aplikasi ini mungkin bisa membantu Anda. 

NGL Link (Not Gonna Lie) - Android/iOS

NGL merupakan sebuah aplikasi pihak ketiga baru yang memungkinkan Anda untuk melakukan QnA dengan pengikut Anda secara anonim.

NGL pertama kali diluncurkan pada 7 November 2021 di negara bagian California, yang dibangun oleh tim kecil desainer dan insinyur di Venice Beach, California.

Menurut keterangan aplikasi, pengembang ingin menyediakan ruang aman untuk para kaum muda yang ingin berbagi perasaan dan pendapat mereka tanpa di judge oleh teman lainnya. NGL sekarang sudah tersedia di seluruh dunia. Anda bisa melihat cara menggunakan disini

Tellonym - Web/Android/iOS

Jika Anda tidak ingin sama seperti kebanyakan orang yang menggunakan NGL untuk QnA secara anonim, Anda dapat mencoba Tellonym, sesuatu mirip dengan NGL. 

Tellonym sudah berdiri sejak 2016, tidak hanya bisa digunakan di Android dan iOS, Tellonym bisa digunakan di web. 

Seperti halnya aplikasi umpan balik anonim lainnya, Anda akan dapat mengirim pesan yang disebut Tells, kepada siapapun di dalam aplikasi. Kemudian Anda akan menerima balasan di Inbox Anda. 

Tusk - Web

Tusk, atau singkatan dari "Thought You Should Know" adalah salah satu cara paling sederhana untuk membuat ruang online untuk menerima umpan balik anonim. 

Anda tidak perlu mendaftar apapun, Anda dapat membuat nama domain khusus untuk halaman umpan balik Anda, dan menambahkan komentar atau deskripsi opsional lalu kemudian bagikan tautan dengan pemberi umpan balik.

Siapapun yang membuka tautan dapat menulis komentar di kotak umpan balik yang disajikan. Setiap tautan Tusk hanya aktif selama tiga hari.

Setelah itu, nama domain, deskripsi, dan semua postingan masukan akan dihapus selamanya. Ini untuk memastikan privasi dan keamanan jangka panjang.