Empat Cara Ini Bisa Bantu Anda Menjelajah Konten YouTube Secara Anonim
Cara menjelajah YouTube secara anonim (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Setiap sosial media memiliki alogaritme di mana mereka akan menampilkan konten berdasarkan minat Anda. Begitu juga dengan YouTube. YouTube akan menampilkan konten-konten berdasarkan apa yang paling sering Anda tonton.

Namun, bagaimana jika Anda mungkin sedang mencari video tertentu untuk mengetahui sesuatu, tapi ternyata pencarian Anda sekarang sedang dipersonalisasi oleh YouTube, itu pasti akan mengganggu Anda. 

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap aman menjelajah YouTube secara anonim. Berikut adalah cara yang bisa Anda gunakan. 

Membuat Akun Sekali Pakai

Akun sekali pakai adalah akun yang Anda gunakan hanya untuk YouTube, dan Anda tidak memasukkan informasi pribadi apa pun. Dengan cara ini, tidak ada hubungan antara identitas asli Anda dan aktivitas YouTube Anda. 

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu pergi ke Gmail, kemudian pilih Buat Akun. Anda kemudian dapat membuka YouTube dan menggunakan akun sekali pakai Anda untuk menonton YouTube sepuasnya tanpa mengkhawatirkan privasi Anda.

Keluar dari Akun Google Sebelum Menonton YouTube

Anda dapat menonton YouTube dengan bebas tanpa mengotori riwayat tontonan di akun Google Anda. Dengan keluar dari akun Google, aktivitas Anda tidak akan ditautkan ke akun dan identitas asli Anda. 

Menjelajah YouTube Menggunakan VPN

Cara lain untuk menelusuri YouTube secara anonim adalah melalui VPN atau Virtual Private Network . VPN mengenkripsi lalu lintas Anda dan merutekannya melalui server di lokasi lain

Gunakan Mode Penyamaran (Incognito) YouTube

Cara selanjutnya adalah, Anda dapat memanfaatkan fitur penyamaran (incognito) dalam aplikasi YouTube di seluler. Ini mirip dengan keluar dari akun Anda sebelum menjelajah. Jadi, apapun yang Anda lakukan saat dalam mode penyamaran tidak ditautkan ke akun Anda.

Untuk mengaktifkan mode penyamaran, buka aplikasi YouTube dan ketuk gambar profil Anda di sudut kanan atas. Kemudian, pilih Aktifkan Penyamaran (Turn on Incognito). Anda akan tahu bahwa ini berfungsi karena bilah hitam akan muncul di bagian bawah layar yang bertuliskan, "Anda dalam penyamaran."