Presiden Republik Afrika Tengah Luncurkan Sango Jadi Mata Uang Kripto Resmi Negara
Presiden Republik Afrika Tengah, Faustin-Archange Touadéra, (foto: twitter @FA_Touadera )

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Republik Afrika Tengah, Faustin-Archange Touadéra,  telah mengumumkan bahwa pemerintahnya akan mendukung inisiatif yang berpusat pada pengembangan infrastruktur blockchain di negara tersebut.

Dalam pengumuman Senin, 27 Juni di Twitter, Touadéra mengatakan pemerintah CAR akan meluncurkan Sango, sebuah inisiatif kripto yang diusulkan setelah adopsi negara itu terhadap Bitcoin (BTC) sebagai alat pembayaran yang sah pada bulan April.

Menurut situs web Sango, pemerintah bermaksud meluncurkan program tersebut selama acara 3 Juli di mana presiden, anggota kabinetnya, dan pakar industri akan membahas infrastruktur fisik dan digital yang dibutuhkan CAR untuk memasuki ruang kripto, serta kerangka hukum bagi negara.

Rencana proyek Sango termasuk membangun “pusat crypto legal” yang bertujuan untuk menarik bisnis dan penggemar crypto global, memperluas adopsi Bitcoin di negara tersebut, dan menciptakan “pulau crypto” virtual sebagai zona ekonomi khusus di metaverse yang tampaknya akan memiliki ruang yang setara di dunia fisik.

Menurut Sango, CAR berencana untuk memiliki kerangka hukum khusus untuk crypto pada akhir tahun 2022.

“Strategi ambisius untuk membangun ekonomi yang sukses dengan cepat hanya dapat mengandalkan teknologi baru yang telah menggemparkan dunia dan membawa uang ke tingkat yang lebih tinggi, dengan Bitcoin sebagai semboyan,” kata Touadéra, seperti dikutip Cointelegraph.

Rencana Touadéra dan CAR untuk mengadopsi crypto tampaknya meniru El Salvador, yang Undang-Undang Bitcoinnya menyatakan tender hukum mata uang digital mulai berlaku pada September 2021.

Negara Amerika Latin itu juga mengumumkan rencana untuk membuat Kota Bitcoin yang didanai oleh 1 miliar dolar AS senilai obligasi BTC, namun harus ditangguhkan pada Juni ini di tengah pasar kripto yang lesu.