Tsinghua University Punya Mobil Lab COVID-19 Berbasis Teknologi 5G
Swab test COVID-19 (dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Tsinghua University dan Beijing CapitalBio Technology Co Ltd mengembangkan mobil laboratorium berbasis sistem jaringan komunikasi 5G. Lab berjalan ini bisa mengatasi antrean panjang masyarakat yang hendak melakukan uji COVID-19.

Tim peneliti dari Tsinghua dan Beijing CapitalBio menyebut mobil itu dengan laboratorium bergerak COVID-19.

Laboratorium tersebut dapat menganalisis sampel asam nukleat di tempat dengan cepat sehingga masyarakat sudah bisa mengetahui hasilnya dalam waktu 45 menit, lebih cepat daripada laboratorium sejenis yang ada sebelumnya.

Prof Cheng Jing selaku kepala penelitian Tsinghua menyebutkan laboratorium berjalan itu dilengkapi robot yang bisa menguji sampel yang diambil dari tenggorokan, nonaktivator virus, dan chip otomatis pendeteksi mikrofluida.

"Sistem jaringan komunikasi berbasis 5G turut membantu mempercepat hasil tes," kata Prof Cheng seperti dikutip VOI, Sabtu, 24 Oktober.

Fasilitas-fasilitas tersebut mampu melakukan pengetesan lebih cepat tiga kali lipat sehingga risiko terinfeksi virus lebih rendah dibandingkan dengan metode pengujian sampel konvensional. Sistem jaringan komunikasi berbasis 5G turut membantu mempercepat hasil tes.