TikTok Debut Avatar Animasi dengan Tampilan dan Suara yang Dapat Dikreasikan
TikTok meluncurkan alat pembuatan avatarnya sendiri. (foto: dok. tiktok)

Bagikan:

JAKARTA - Avatar kini menjadi cara baru untuk berinteraksi di media sosial, karenanya TikTok meluncurkan alat pembuatan avatarnya sendiri. Pengguna dapat mengubah diri mereka menjadi avatar animasi khusus.

Avatar ini dapat dibuat pengguna TikTok dengan gaya Memoji Apple, Bitmoji Snapchat, dan Avatar Meta. Fitur itu dapat diakses dari kamera aplikasi bersama dengan berbagai efek TikTok lainnya lewat panel Effects.

Untuk menggunakan fitur tersebut, buka aplikasi, balikkan kamera ke mode selfie, ketuk efek, dan pilih efek avatar. Pengguna kemudian dapat menggunakan tampilan prasetel atau menekan tombol baru untuk membuat avatar khusus.

Pengguna juga dapat menyesuaikan bentuk wajah avatar, warna kulit, gaya rambut, dan aksesori, termasuk riasan. Selain foto avatar, pengguna juga dapat merekam video dengan avatar mengikuti gerakan dan ekspresi wajah.

"Pilih dari berbagai gaya rambut, aksesori, tindikan, dan riasan, untuk membuat Avatar TikTok yang mencerminkan tampilan dan gaya pribadi Anda. Setelah Avatar Anda siap, Anda dapat mulai merekam video. Saat Anda memberi isyarat dan bergerak, Avatar Anda akan meniru gerakan Anda," ungkap TikTok.

Dalam mode Miniatur, pengguna dapat menempatkan avatar khusus mereka sebagai overlay pada klip TikTok. Itu bisa menjadikan pengguna lebih kreatif, dengan karakter digital mereka disematkan dalam klip dan remix TikTok, atau memberikan arahan sulih suara dalam video.

Fungsionalitasnya sangat mirip dengan Memoji milik Apple, di mana pengguna dapat menggunakan karakter Memoji pilihan mereka sebagai boneka digital, dengan karakter bergerak sebagai respons terhadap tindakan pengguna saat melihat ke kamera.

TikTok menyatakan ingin membuat fitur ini seinklusif mungkin dan akan terus meningkatkan dan berinovasi untuk memastikan pengalaman benar-benar mewakili semua orang yang ada di TikTok.

Melansir The Verge, Rabu, 8 Juni, sangat menarik bahwa begitu banyak platform media sosial sekarang telah menggunakan avatar khusus sebagai cara bagi orang untuk berkomunikasi.

Begitupun dengan konsep yang diberikan Snapchat dan iMessage, menggunakan Bitmoji dan Memoji untuk berkomunikasi dengan orang yang dikenal, avatar TikTok berpotensi digunakan oleh konten kreator pseudonim.

Ini merupakan tren yang telah diluncurkan di YouTube dengan VTubers dan tentu saja dapat diterapkan di platform seperti TikTok. Pengguna bahkan dapat menggabungkan avatar khusus mereka dengan efek suara TikTok yang sudah ada sebelumnya untuk anonimitas lebih lanjut.