T-Mobile Luncurkan Voice Over 5G yang Memungkinkan Panggilan Telepon dengan Mulus
T-Mobile meluncurkan layanan komersial Voice Over 5G (VoNR). (foto: twitter @TMobile )

Bagikan:

JAKARTA -Perusahaan telekomunikasi asal Jerman, T-Mobile mengumumkan pada Jumat, 3 Juni, bahwa mereka meluncurkan layanan komersial Voice Over 5G (VoNR atau Voice Over New Radio).

VoNR yang memungkinkan Anda untuk melakukan atau menerima telepon menggunakan jaringan 5G kini tersedia untuk pelanggan di area terbatas Portland, Ore, dan Salt Lake City, dan berencana untuk memperluas ke lebih banyak area di AS tahun ini. 

Menurut pengumumannya, pelanggan T-Mobile yang menggunakan smartphone Samsung Galaxy S21 5G sudah dapat memanfaatkan VoNR di area tertentu. 

"Kami tidak hanya memiliki jaringan 5G terkemuka di negara ini. T-Mobile sedang mengatur kecepatan untuk penyedia di seluruh dunia saat kami mendorong industri ke depan - sekarang mulai meluncurkan layanan penting lainnya melalui 5G," kata Neville Ray, Presiden Teknologi di T-Mobile.

Standalone 5G menghilangkan kebutuhan akan jaringan 4G LTE dan inti 4G, sehingga 5G dapat mencapai potensi sebenarnya. Dengan kata lain, ini adalah "5G murni".

Menurut T-Mobile, teknologi ini memungkinkan Anda menerima panggilan suara dari telepon lebih mulus dan lebih real-time. Pelanggan yang terhubung ke VoNR akan melihat waktu pengaturan panggilan yang sedikit lebih cepat, artinya, lebih sedikit penundaan antara waktu mereka menghubungi nomor dan saat telepon mulai berdering. 

T-Mobile menjadi yang pertama di dunia yang mengirimkannya secara nasional hampir dua tahun lalu. Berdasarkan apa yang disampaikan oleh semua mitra 5G T-Mobile, yaitu Nokia, Ericsson, dan Samsung, mereka sangat gembira dengan adanya 5G VoNR.

Saat ini, T-Mobile mencakup 225 juta orang di seluruh negeri dengan layanan 5G-nya. Diperkirakan akan meningkat menjadi 260 juta pada tahun 2022, dan 300 juta pada tahun 2023.