Buick Ingin Ubah Citra Jadi Kendaraan Listrik dan Bukan Mobil Orang Tua
Buick ingin ubah citranya jadi mobil masa depan. (foto: twitter @buick)

Bagikan:

JAKARTA - Buick, brand mobil ikonik di Amerika Serikat yang dimiliki oleh General Motors, mengumumkan serangkaian perubahan besar yang dimaksudkan untuk menggarisbawahi peralihannya ke kendaraan listrik.

Perusahaan mengatakan akan merilis EV pertamanya untuk pasar Amerika Utara pada 2024. Bahkan mereka menyatakan hanya akan menjual kendaraan listrik pada akhir dekade ini.

EV masa depannya akan menyandang nama "Electra" yang mengacu pada masa lalu perusahaan. Ini meluncurkan mobil konsep baru, Wildcat, yang dimaksudkan untuk menggoda masa depan listriknya. Bahkan memperbarui logo tri-perisainya, menghilangkan desain melingkar untuk tampilan horizontal yang dipasang di bodi, untuk menekankan "transformasi merek."

Buick adalah yang terakhir dari empat merek kendaraan yang dimiliki oleh GM, selain Chevrolet, GMC, dan Cadillac, yang mengungkap rencana elektrifikasinya.

Awal tahun ini, perusahaan menggoda dalam peluncuran EV pertamanya untuk pembeli mobil AS, dengan mengungkapkan lampu depan yang mencerminkan mobil konsep yang disebut Electra, dirilis oleh Buick beberapa tahun sebelumnya. Sekarang, perusahaan mengkonfirmasi bahwa nama Electra akan menjadi pusat upaya perusahaan untuk hanya menjual kendaraan listrik pada akhir dekade ini.

"Merek Buick berkomitmen untuk masa depan serba listrik pada akhir dekade ini," kata Duncan Aldred, Wakil Presiden Buick, dalam sebuah pernyataan, yang dikutip The Verge. “Logo baru Buick, penggunaan seri penamaan Electra, dan tampilan desain baru untuk produk masa depan kami akan mengubah merek.”

Konsep Wildcat dimaksudkan untuk menggambarkan pergeseran ini. Sebuah coupe sport yang ramping dan elegan dengan garis bodi yang dimaksudkan untuk membangkitkan momentum ke depan, Wildcat adalah awal dari jajaran mobil serba listrik.

Ini juga memiliki sedikit kemiripan dengan konsep Electra yang dirilis oleh Buick dua tahun lalu. Konsep itu adalah SUV crossover dengan pintu gunting yang praktis.

Baik nama Wildcat dan Electra telah diterapkan pada kendaraan Buick di masa lalu. Buick Wildcat adalah sedan ukuran penuh yang diproduksi dari tahun 1963 hingga 1970, sedangkan jajaran Electra pembuat mobil memiliki umur simpan yang lebih lama, mulai dari pertengahan 1950-an hingga 1990. Electra juga merupakan sedan andalan Buick di seluruh produksinya.

Buick berjuang dengan reputasi sebagai merek mobil orang tua di AS, tetapi menikmati status tinggi di Cina, di mana penjualannya tetap kuat. Perusahaan kemungkinan akan menggunakan powertrain kendaraan listrik Ultium baru dan sistem baterai GM untuk memberi daya pada jajaran EV masa depannya.

GM telah mengatakan akan menghabiskan 35 miliar dolar AS (Rp 509 triliun)  untuk kendaraan listrik dan otonom pada tahun 2025, dengan tujuan menjadi perusahaan yang sepenuhnya netral karbon pada tahun 2040.