Mobil ini yang Pertama Kali Jadi Tunggangan Soekarno Pimpin Indonesia
Buick merupakan mobil Presiden Soekarno. Dipamerkan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan RI di Gedung Sarinah (ANTARA/Fathur Rochman)

Bagikan:

JAKARTA - Ada tujuh kendaraan kepresidenan dari masa ke masa, dipamerkan di Gedung Sarinah. Salah satunya Buick, mobil Presiden Soekarno.

Selain Buick, ada juga Mercedes-Benz S600 Guard yang dipajang dalam pameran di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan RI (HUT RI).

"Ada tujuh kendaraan kepresidenan yang dipamerkan, mulai dari kendaraan Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo," ujar Kepala Biro Umum Sekretariat Presiden Erry Hermawan di pameran tersebut, Sabtu 13 Agustus dikutip dari Antara.

Mobil kepresidenan yang dipamerkan di Sarinah merupakan kendaraan dinas kepala negara dari tujuh periode pemerintahan RI.

Buick menjadi mobil kepresidenan tertua yang dipamerkan. Mobil keluaran tahun 1939 itu merupakan kendaraan operasional Presiden Soekarno.

Selanjutnya Mercedes-Benz S280 berkelir putih yang digunakan oleh Presiden Soeharto dan Ibu Negara Tien Soeharto. Mobil tahun 1980 itu juga pernah menjadi kendaraan untuk Presiden BJ Habibie dan Abdurrahman Wahid.

Terdapat pula mobil Mercedes-Benz S-Class W126 keluaran tahun 1982 yang juga pernah digunakan oleh Presiden Soeharto, BJ Habibie, dan Abdurrahman Wahid.

Dalam pameran tersebut, turut dipajang dua unit Cadillac Fleetwood Brougham yang pernah menjadi kendaraan Presiden BJ Habibie. Sebelumnya, mobil produksi tahun 1980 itu digunakan sebagai kendaraan operasional untuk tamu negara dan duta besar.

Mobil kepresidenan era Presiden Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono diwakili oleh Mercedes-Benz S-Class W140 tahun 1998. Mobil tersebut juga sempat digunakan oleh Presiden Abdurrahman Wahid.

Mercedes-Benz Sedan S600 Guard, mobil kepresidenan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo. (ANTARA/Fathur Rochman)

Terakhir, terdapat Mercedes-Benz Sedan S600 Guard yang merupakan kendaraan kepresidenan era Presiden SBY dan Joko Widodo.

Erry mengatakan, mobil keluaran tahun 2008 itu hingga saat ini masih aktif digunakan sebagai kendaraan operasional Jokowi.