Mercado Bitcoin Jajaki Kerjasama dengan Stellar (XLM) untuk Bikin Uang Digital CBDC di Brasil
Brasil bakal kembangkan CBDC dengan Stellar. (Crypto Economy)

Bagikan:

JAKARTA – Salah satu bursa kripto terbesar di Amerika Latin, Mercado Bitcoin mengumumkan kemitraannya dengan Stellar Development Foundation (SDF) pada 24 Mei kemarin. Kerja sama tersebut ditujukan untuk pengembangan mata uang digital bank sentral (CBDC) Brasil.

Berdasarkan keterangan dari postingan resmi Stellar Foundation, Mercado Bitcoin akan mengerjakan salah satu dari sembilan proyek yang dipromosikan oleh Laboratory of Financial and Technological Innovations of Brazil (LIFT). Lembaga tersebut dibentuk untuk mengembangkan “produk yang layak minimum (MVP)” untuk CBDC yang memenuhi tujuan pemerintah Brasil.

Dilansir dari CryptoPotato, proyek ini didukung oleh Bank Sentral Brasil (BC) dan Federasi Nasional Asosiasi Server Bank Sentral (Fenasbac). Selain itu, semua proyek akan fokus pada kasus penggunaan yang berbeda untuk CBDC mendatang yang akan dikeluarkan oleh Bank Sentral Brasil.

Reinaldo Rabelo, CEO Mercado Bitcoin, mengatakan perusahaan mengharapkan untuk membangun solusi yang kuat menggunakan teknologi blockchain Stellar. Ini harus cukup untuk memenuhi semua parameter yang diperlukan untuk evaluasi dan persetujuan CBDC Brasil di masa mendatang.

“Kami berada dalam konsorsium perusahaan yang memiliki struktur dan ambisi untuk membangun solusi yang kuat untuk pasar keuangan melalui teknologi blockchain. Memanfaatkan jaringan Stellar akan memungkinkan kami untuk menyampaikan kasus lengkap untuk evaluasi oleh Bank Sentral,” kata Rabelo.

Sementara itu, CEO Stellar Development Foundation, Denelle Dixon menyatakan pihaknya siap membantu Mercado Bitcoin untuk mengembangakn CBDC di masa mendatang. SDF berencana mengeksplorasi berbagai kasus pengunaan CBDC.

“Stellar dirancang untuk penerbitan aset, ini dibangun dengan perangkat bawaan yang sesuai dan memberi Mercado Bitcoin landasan yang kuat untuk mengembangkan solusi dengan fitur yang diharapkan Bacen lihat,” ujar Dixon.

Menurut Gubernur Bank Sentral Brasil, Roberto Campos Neto, CBDC kemungkinan akan dirilis pada paruh kedua tahun 2022. Tapi sebelum digunakan untuk publik, mereka akan melakukan sejumlah ujicoba terlebih dahulu seperti CBDC Eropa.

Pengembangan uang digital yang didukung oleh Bank Sentral Brasil itu berpotensi dapat mengubah cara warga Brasil dalam melakukan pembayaran di masa depan.