Presiden Bank Sentral Eropa Sebut <i>Cryptocurrency</i>Tidak Ada Nilainya
Presiden Bank Sentral Eropa, Christine Lagarde (foto : dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Dalam acara di Dutch TV, Presiden Bank Sentral Eropa, Christine Lagarde menyatakan bahwa cryptocurrency tidak ditopang oleh apa pun. Menurut Lagarde, kripto tidak ada bernilai. Karenanya aset kripto tersebut harus diatur untuk mencegah orang-orang kehilangan tabungan hidup mereka.

Lagarde menyatakan kekhawatirannya tentang orang-orang “yang tidak memiliki pemahaman tentang risiko, siapa yang akan kehilangan semuanya. Dan siapa yang akan sangat kecewa, itulah sebabnya saya percaya bahwa itu (kripto) harus diatur.”

Selanjutnya, Lagarde mengakui bahwa dia skeptis tentang nilai aset kripto, dibandingkan dengan mata uang digital bank sentral (CBDC) seperti euro digital, yang rencananya akan diterbitkan oleh Bank Sentral Eropa (ECB) dalam beberapa tahun mendatang.

“Penilaian saya yang sangat sederhana adalah bahwa itu (cryptocurrency) tidak berharga, tidak didasarkan pada apa pun, tidak ada aset dasar untuk bertindak sebagai jangkar keamanan,” kata Lagarde sebagaimana dikutip dari Bitcoin.com News.

BACA JUGA:


Bloomberg melaporkan bahwa pernyataan dari petinggi Bank Sentral Eropa itu disampaikan saat market kripto mengalami masa-masa sulit ketika koin utama seperti bitcoin (BTC) dan ether (ETH) turun 50 persen dari harga puncaknya pada tahun 2021.

Cryptocurrency juga menghadapi tekanan dan pengawasan yang meningkat dari regulator di seluruh dunia. Cryptocurrency disebut-sebut mengancam sistem keuangan negara.

Berbeda dengan mata uang kripto, Lagarde menyatakan bahwa CBDC akan ditopang oleh bank sentral.

“Hari ketika kami mengeluarkan mata uang digital bank sentral, euro digital apa pun, saya akan jamin — jadi bank sentral akan berada di belakangnya dan saya pikir itu sangat berbeda dari banyak hal itu,” ungkap Lagrde.

Di sisi lain, Presiden Bank Sentral Eropa itu mengaku dirinya tidak memiliki satu pun aset kripto. Bertentangan dengan pandangannya, salah satu putra Lagarde dikabarkan telah berinvestasi di cryptocurrency. Lagarde mengakui dirinya mengawasi putranya dengan sangat hati-hati, sebagaimana dilansir dari Bitcoin.com News.