Upaya Buang-buang Waktu, Peretas Buat <i>Bot</i> untuk Lakukan Panggilan ke Pejabat Rusia
Kelompok peretas membuat bot untuk membuat panggilan ke pejabat Rusia (foto: Tangkapan layar website/Dinda Buana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Invasi Rusia ke Ukraina beberapa waktu lalu memang telah mendorong beberapa perusahaan untuk  memutuskan untuk berbisnis dengan negara tersebut.

Sebuah  website yang dibuat oleh kelompok peretas ditemukan oleh Techspot. Peretas yang menamakan dirinya Obfuscated Dreams of Scheherazade telah membuat bot yang mengatur panggilan konferensi antara beberapa entitas pemerintah. 

Panggilan bot itu bertujuan untuk membuang-buang waktu pemerintah dan mengikat saluran telepon. Panggilan spam otomatis berlangsung tanpa henti selama jam operasional Rusia.

Pada Rabu, 18 Mei  kelompok peretas membuat situs  di mana siapa pun dapat memulai dan mendengarkan salah satu panggilan ini. Situs web itu disebut Waste Russian Time Today.

Pengguna yang mengunjungi situs dapat menggulir ke bawah ke ikon telepon, dan memulai panggilan antara agen Rusia secara acak. Kemudian, Anda mendengarkan kekacauan saat mereka mencoba untuk mencari tahu siapa yang menelepon siapa dan mengapa.

Sejauh pantauan VOI hingga saat ini, ada 5.204 panggilan telah dilakukan dari situs web sejak ditayangkan. 

Kelompok tersebut mengoperasikan nomor telepon ribuan pegawai pemerintah, termasuk korps pers Putin, pegawai Duma, Polisi Militer, dan FSB (Dinas Rahasia Rusia).