Meta Platform Inc. Kerja  Sama dengan AMD untuk Sediakan Jaringan Internet Murah di Seluruh Dunia
Tim AMD kerja sama dengan Meta Platform Inc, sediakan jaringan internet murah. (foto: twitter @amd)

Bagikan:

JAKARTA – Perusahaan induk Facebook, Meta Platforms Inc, dan pembuat chip AMD  pada Rabu, 11 Mei mengumumkan bahwa mereka telah bermitra untuk program infrastruktur internet seluler yang akan menurunkan biaya base station untuk membuat broadband lebih dapat diakses di seluruh dunia.

Program yang disebut Evenstar, diluncurkan oleh Meta pada awal 2020 dan mempromosikan platform bernama OpenRan yang memungkinkan operator jaringan seluler untuk mencampur dan mencocokkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk membangun stasiun pangkalan daripada membeli semuanya dari satu pembuat peralatan.

“Program ini memberi operator lebih banyak fleksibilitas dan membuat harga peralatan lebih kompetitif,” kata Gilles Garcia, seorang eksekutif di pusat data dan grup komunikasi AMD, seperti dikutip Reuters.

"Mereka memiliki target biaya yang sangat agresif, karena Meta juga berusaha untuk menjangkau daerah-daerah yang tidak terjangkau dan negara-negara terbelakang. Jadi mereka ingin memastikan semakin banyak orang yang terhubung," kata Garcia.

AMD mengatakan chip radionya, Xilinx Zynq UltraScale RFSoC, akan digunakan di unit radio Evenstar.

Program ini juga seiring dengan program Starlink yang diinisiasi oleh SpaceX milik Elon Musk, yang ingin membuat jaringan internet berbiaya rendah di seluruh dunia. Apakah  program, semacam ini akan masuk ke Indonesia tentu layak untuk ditunggu.