Vivo IFEA Ponsel Konsep dengan Kamera <i>Selfie</i> yang Bisa Lepas Pasang
Konsep Smartphone Vivo IFEA (dok. Gizmochina)

Bagikan:

JAKARTA - Produsen ponsel asal China, Vivo kembali menggemparkan para pesaingnya dengan memunculkan teknologi kamera depan barunya. Kamera ini nantinya bisa dilepas pasang dan dikontrol dari jarak jauh.

Mengutip Gizmochina, Senin 10 Oktober, meski teknologi ini baru disematkan di konsep ponsel Vivo yakni IFEA, tetapi tidak menutup kemungkinan Vivo bakal meluncurkan di ponsel masa depannya. Seperti konsep Vivo APEX sebelumnya.

Desain smartphone IFEA baru dari Vivo ini merupakan upaya untuk menawarkan sistem dan pengalaman fotografi baru yang sama sekali berbeda dari yang biasanya ditawarkan oleh smartphone lainnya.

Diketahui dari video yang beredar, IFEA dirancang untuk melengkapi smartphone dengan kamera depan yang dapat dilepas dan dioperasikan dari jarak jauh, serta bisa dikontrol dengan ponsel itu sendiri.

Lebih lanjut, perangkat ini juga dapat dikontrol melalui perintah suara, dengan desain yang interaktif dan intuitif. IFEA memiliki banyak aksesori dan mekanisme pendukung dengan mode berbeda untuk meningkatkan stabilitas dan penyimpanan. Fitur ini berguna bagi sebagian orang yang ingin mengambil foto selfie lebih dari satu orang.

Tentu saja konsep ini terasa aneh di telinga bukan. Tidak mungkin jika Vivo tak menyematkan komponen baterai di dalam kamera pop-up tersebut, karena untuk dioperasikan dari jarak jauh, sebuah kamera tentu membutuhkan mesin maupun daya baterai.

Tidak hanya itu, video juga menunjukkan kamera pop-up itu dapat dipasangkan di sebuah mainan (misalnya robot) untuk merekam video. Kemungkinan, ponsel ini akan dilengkapi S Pen seperti milik Samsung yang di mana berfungsi sebagai kontrol maupun pengingat jika kamera berada di jarak yang terlalu jauh.

Konsep dari kamera Vivo ini cukup menarik perhatian, sebab produsen ponsel itu telah memenangkan Red Dot Design Award karena teknologi ini. Sementara itu, kemungkinan Vivo akan membutuhkan waktu lama untuk mengembangkan teknologi terbarunya ini, apalagi untuk mengkomersilkan dalam waktu dekat. Kita tunggu saja kelanjutannya.