Vivo V19 Punya Tips and Trik Hasilkan Foto Layaknya Profesional dalam Genggaman Ponsel
Vivo V19 (Foto: Dok. Vivo Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Memotret menjadi salah satu kegiatan menyenangkan, apalagi saat ini penggemar fotografi, dari yang amatir hingga profesional, banyak yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) pada kamera smartphone.

Salah satunya adalah vendor smartphone asal China, Vivo yang menyematkan teknologi tersebut pada kamera ponsel Vivo V19. 

"Fitur-fitur AI disematkan pada teknologi kamera Vivo V19, mendukung pengguna menghasilkan foto berkualitas seperti diambil oleh fotografer profesional,” ungkap Senior Brand Director Vivo Indonesia, Edy Kusuma dalam keterangan resmi yang diterima VOI, Rabu 17 Juni.

Pada seri V19, Vivo menggabungkan teknologi 48MP AI Quad Camera dan 32MP Super Night Selfie Camera dengan kecerdasan buatan dan serangkaian fitur lainnya agar dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan gambar yang diinginkan penggunanya.

Untuk menggunakan fitur-fitur tersebut, simak rangkaian tips berikut ini agar kemampuan fotografi Anda semakin maksimal.

1. Optimalkan pengaturan kamera AI

Cobalah dahulu untuk pelajari elemen-elemen yang terdapat pada laman pengaturan, dan mengaktifkan fitur-fitur seperti Composition Lines, AI Portrait Framing, Shutter, dan AI Scene Identification. Fitur tersebut membantu menghasilkan foto yang presisi dan tone warna, serta pencahayaan yang secara otomatis disesuaikan dengan objek foto.

2. Perhatikan cahaya

Setelah mengatur fitur pada bagian setting, saatnya mengaktifkan Filter Tone atau menambahkan Portrait Light Effect untuk memberi variasi pencahayaan menarik pada objek foto, seperti Stereo Light dan Mode Monochrome. Selain itu, tak perlu khawatir saat kondisi kurang cahaya karena pengguna menggunakan Super Night Mode.

3. Sesuaikan kamera dengan objek

Jika objek yang akan di foto adalah keindahan alam, arsitektur, hingga foto keluarga besar, pengguna bisa menggunakan kamera Super Wide-Angle dengan hasil distorsi yang minimum. Sedangkan foto detail terhadap objek dekat, pilihlah lensa Super Makro dengan menyesuaikan jarak sekitar 4 cm. Selain itu, Bokeh Mode bisa difungsikan untuk membuat hasil foto yang lebih fokus pada objek utama dengan membuat latar belakang tampak blur.

4. Foto dengan angle yang berbeda

Manfaatkan fitur Pose Master pada pengaturan Potrait Mode untuk rekomendasi arahan berpose layaknya model profesional. Selain itu, atur fitur AI Face Beauty dan AI Body Shaping untuk menyesuaikan warna kulit, ukuran wajah hingga bentuk tubuh yang ideal sesuai keinginan.

5. Mengedit hasil foto

Untuk memberi sentuhan terakhir, maka diperlukan fitur pengeditan foto. Tidak hanya menambahkan filter atau mengatur kontras, tingkat kecerahan, cropping, serta merotasi foto, fitur edit juga memiliki fitur Light Effect yang bisa menambahkan efek cahaya menarik pada foto. Selain itu, terdapat juga fitur edit AI Make Up untuk sentuhan efek kecantikan secara digital dan instan bagi foto portrait.