Bagikan:

JAKARTA - Setelah tersiar kabar bahwa CEO Tesla, Elon Musk membeli Twitter seharga 44 miliar dolar AS (Rp636,6 triliun) baru-baru ini, banyak kekhawatiran yang timbul akibat hal tersebut. 

Banyak pengguna yang mengungkapkan keinginan untuk meninggalkan layanan tersebut, terutama karena perilaku Musk di Twitter. 

Mereka memiliki ketakutan yang masuk akal bahwa layanan tersebut, di bawah arahannya, menyimpang terlalu jauh dari sekarang dan beralih ke beberapa kepentingan Musk seperti NFT dan cryptocurrency.

Jika Anda ingin meninggalkan Twitter, berikut adalah saran aplikasi yang dapat Anda coba untuk menggantikannya. 

Discord

Discord pertama kali diluncurkan pada tahun 2025 silam. Setelah dianggap sebagai aplikasi yang digunakan hanya untuk berbicara tentang gim favorit Anda saat Anda streaming di Twitch, Discord berkembang menjadi tempat di mana Anda dapat membuat 'Server' untuk mendiskusikan hampir semua topik yang Anda inginkan.

Discord memungkinkan Anda untuk menjadi bagian dari komunitas melalui teks, suara, dan video, selama Anda bergabung dengan Server yang relevan dan mematuhi aturan mereka.

Mastodon

Mungkin nama ini terdengar asing untuk Anda, namun, Anda dapat bergabung dengan Server di Mastodon sebagai komunitas yang berbeda, dan Anda dapat berada di beberapa server jika diinginkan, meskipun terkadang membingungkan untuk membedakan di mana Anda berada.

Reddit

Reddit adalah situs web buletin yang penuh berita dan posting yang dibuat oleh penggunanya. Anda dapat ‘upvote’ dan ‘downvote’ posting ini, dan ini akan ditampilkan dalam daftar ‘subreddits’ yang akan menunjukkan kepada Anda betapa populer posting yang bersama orang lain.

Meskipun di sana bukanlah feed dari orang yang Anda ikuti, Anda dapat mengikuti subreddit dan halaman home Anda akan memberi Anda daftar semua topik tersebut, berdasarkan seberapa baru dan populer mereka ada di siang hari.