Bagikan:

JAKARTA - Apple membawa pembaruan iMovie dengan versi 3.0 untuk iOS dan iPadOS, memperkenalkan dua fitur baru untuk membuat proses pengeditan video jauh lebih otomatis.

Fitur tersebut antara lain storyboard dan Magic Movies. Dengan Magic Movies, maka perpustakaan Photos akan otomatis terbuka saat memulai pengeditan. Pengguna dapat membuka album, dan memilih beberapa video.

Secara otomatis, aplikasi akan mengidentifikasi dialog, wajah orang dan lainnya. Rekaman video secara otomatis akan digabungkan dengan transisi, musik, dan judul. Pengguna juga masih dapat mengatur ulang video sesuka mereka.

Misalnya, pengguna dapat memindahkan atau menghapus klip, memangkas beberapa bagian dan membagi klip menjadi dua klip. Apple merancang 20 gaya berbeda sehingga Magic Movies tidak semuanya terlihat dan terdengar sama.

Setiap adegan dilengkapi dengan animasi, soundtrack, dan transisi. Saat pengguna beralih dari satu gaya ke gaya lainnya, video mereka akan dibuat ulang secara otomatis.

Pengguna juga dapat memilih soundtrack mereka sendiri dari musik yang dibeli, GarageBand, atau file audio apa pun di aplikasi File. iMovie juga memungkinkan pengguna menambahkan suara ke video mereka.

Melansir TechCrunch, Rabu, 13 April, dengan Magic Movies, Apple pada dasarnya memberi pengguna lebih banyak fleksibilitas untuk membuat film berdasarkan perpustakaan media mereka.

Fitur baru lainnya adalah storyboard. iMovie telah membantu pengguna membuat cuplikan film bergaya Hollywood. Apple memperluas gagasan itu dan bergerak melampaui trailer film.

Dengan storyboard, pengguna iMovie dapat memilih template dan mendapatkan panduan cara membuat video. Template termasuk video sosial, video pendidikan, trailer dan ulasan produk.

Setelah pengguna memilih storyboard, pengguna bisa mendapatkan daftar gambar. Mereka dapat mengisi setiap bidikan dengan mengambil video dari perpustakaan atau dengan merekam cuplikan baru. Sekali lagi, semuanya dapat disesuaikan.

Dengan pengguna dapat memotong klip, menambahkan judul, mengubah gaya untuk judul, dan lainnya. Setelah selesai dengan video, pengguna dapat menyimpan video ke perpustakaan, membagikannya sebagai file video di aplikasi lain, atau berbagi proyek iMovie dengan perangkat Apple lainnya.

Misalnya, pengguna dapat berbagi proyek dengan Mac dan melanjutkan mengutak-atik video mereka di Mac. Dengan pembaruan ini, Apple tidak menambahkan lebih banyak fitur pengeditan video profesional agar mudah digunakan.