Netflix Pertajam Rekomendasi Film Pengguna dengan Fitur Baru Two Thumbs Up
Netflix baru saja meluncurkan fitur Two Thumbs Up, (foto: Tangkapan Layar Situs Netflix)

Bagikan:

JAKARTA - Raksasa streaming Netflix baru saja meluncurkan fitur Two Thumbs Up, yang merupakan cara untuk menggandakan antusiasme pengguna terhadap acara TV atau film yang mereka sukai.

Saat ini, opsi dasar jempol ke atas dan jempol ke bawah menandakan pengguna hanya ingin melihat konten serupa atau mengirimkannya ke tumpukan sampah.

Suka atau tidak. Netflix menyesuaikan rekomendasi penggunanya berdasarkan peringkat ini, riwayat tontonan, serta cara dan waktu menonton.

Tetapi sekarang, ketika pengguna mengklik tombol Two Thumbs Up, pengguna akan menyatakan suka untuk judul tertentu di platform, dan Netflix akan mempertajam sistem rekomendasinya untuk pengguna tersebut, sehingga dapat membuatnya lebih akurat.

“Tombol acungan jempol dan jempol ke bawah kami saat ini adalah cara yang baik bagi Anda untuk memberi tahu kami bagaimana perasaan Anda tentang serial atau film, dan sebagai imbalannya, Anda mendapatkan profil yang lebih sesuai dengan selera Anda,” ungkap Netflix yang dikutip dari Digital Trends, Selasa, 12 April.

“Namun, kami telah belajar dari waktu ke waktu bahwa perasaan ini dapat melampaui suka atau tidak suka yang sederhana. Memberikan cara tambahan untuk memberi tahu kami saat Anda benar-benar menyukai sesuatu berarti profil dengan rekomendasi yang lebih mencerminkan apa yang Anda nikmati," imbuhnya.

Cara kerja fitur ini cukup mudah, misalnya, jika pengguna menyukai film Bridgerton, pengguna mungkin akan melihat lebih banyak acara atau film yang dibintangi para pemeran atau dari Shondaland yakni perusahaan produksi yang membuatnya.

Fitur Two Thumbs Up baru ini sudah tersedia di Netflix TV dan web, serta di perangkat seluler Android dan iOS. Netflix menghilangkan sistem peringkat bintang lima pada 2017 dan mengubahnya menjadi sinyal jempol yang lebih disederhanakan untuk menyatakan suka atau tidak suka.

Selain preferensi pribadi yang pengguna pilih saat pertama kali menyiapkan profil, peringkat jempol membantu menyempurnakan judul mana yang paling mencerminkan selera mereka.

Algoritme platform juga memperhitungkan popularitas judul tertentu secara keseluruhan saat menyarankan film favorit pengguna berikutnya. Dengan fitur tambahan ini, pengguna dapat mencoba membawa kekuatan penyesuaian mereka ke tingkat berikutnya.