Bagikan:

JAKARTA - Windows 11 sudah dirilis sejak Oktober 2021 lalu. Jika Anda pengguna Windows 11 atau Windows 10, mudah bagi Anda mengambil tangkapan layar sebagian atau keseluruhan dari tampilan Anda.

Di sini, VOI telah merangkum beberapa cara dari Cnet , yang akan memandu Anda menggunakan alat tangkapan layar Windows bawaan dan pintasan lainnya untuk mengambil tangkapan layar di Windows 10 dan Windows 11.

Potongan dan Sketsa (Snip and Sketch)

Cara termudah untuk menggunakan Snip & Sketch adalah dengan pintasan keyboard tombol Windows + Shift + S. Anda juga dapat menemukan alat Snip & Sketch yang tercantum dalam daftar alfabet aplikasi yang diakses dari tombol Start serta di panel notifikasi di mana itu terdaftar sebagai Screen snip.

Anda perlu mengklik tombol Baru di kiri atas untuk memulai tangkapan layar dan membuka panel kecil. Klik tombol panah bawah di sebelah tombol Baru untuk menunda snip selama 3 atau 10 detik.

Alat pemotong (Snipping tool)

Klik tombol New untuk memulai proses screenshot. Jenis snip default adalah snip persegi panjang, tetapi Anda juga dapat mengambil snip dalam bentuk bebas, layar penuh, dan jendela.

Snipping Tool tidak secara otomatis menyimpan tangkapan layar, Anda harus menyimpannya secara manual di alat sebelum Anda keluar dan itu secara otomatis menyalin tangkapan Anda ke clipboard.

Layar Cetak (Print screen)

Untuk menangkap seluruh layar Anda, ketuk tombol Print Screen atau terkadang berlabel PrtSc pada keyboard Anda. Tangkapan layar Anda tidak akan disimpan sebagai file, tetapi akan disalin ke papan klip. Anda harus membuka alat pengeditan gambar seperti Microsoft Paint, kemudian menempelkan tangkapan layar di edit dan menyimpan file dari sana.

Anda juga dapat mengatur tombol PrtSc untuk membuka alat Snip & Sketsa dengan masuk ke Pengaturan > Kemudahan Akses > Papan Ketik dan beralih ke Gunakan tombol PrtSc untuk membuka potongan layar di bawah Pintasan Layar Cetak.

Tombol Windows + Layar Cetak (Windows key + Print screen)

Untuk menangkap seluruh layar Anda dan secara otomatis menyimpan tangkapan layar, ketuk tombol Windows + tombol Print Screen. Layar Anda akan redup sebentar untuk menunjukkan bahwa Anda baru saja mengambil tangkapan layar, dan tangkapan layar akan disimpan ke folder Gambar > Tangkapan Layar.

Alt + Layar Cetak (Alt + print screen)

Untuk mengambil tangkapan layar cepat dari jendela aktif, gunakan pintasan keyboard Alt + PrtScn. Ini akan mengambil jendela Anda yang sedang aktif dan menyalin tangkapan layar ke papan klip. Anda harus membuka bidikan di editor gambar untuk menyimpannya.

Logo Windows + Volume Turun

Jika Anda menggunakan perangkat Microsoft Surface, Anda dapat menggunakan tombol fisik untuk mengambil tangkapan layar dari seluruh layar Anda mirip dengan cara Anda mengambil tangkapan layar di ponsel atau tablet lainnya.

Untuk melakukan ini, tahan tombol sentuh Logo Windows di bagian bawah layar Surface Anda dan tekan tombol volume turun fisik di samping tablet. Layar akan meredup sebentar dan screenshot akan otomatis disimpan ke folder Pictures > Screenshots.