JAKARTA - CEO Tesla Inc., Elon Musk memiliki "ide serius" untuk membangun platform media sosial baru. Ini diungkapkan oleh orang terkaya di dunia itu dalam cuitannya di akun twitter pada Sabtu, 26 Maret.
Musk menanggapi pertanyaan pengguna Twitter tentang apakah dia akan mempertimbangkan untuk membangun platform media sosial yang terdiri dari algoritme sumber terbuka dan yang akan memprioritaskan kebebasan berbicara, dan di mana propaganda minimal.
Musk, pengguna Twitter yang produktif, telah mengkritik platform media sosial dan kebijakannya akhir-akhir ini. Dia mengatakan perusahaan itu merusak demokrasi dengan gagal mematuhi prinsip-prinsip kebebasan berbicara.
“Kebebasan berbicara sangat penting untuk demokrasi yang berfungsi. Apakah Anda yakin Twitter secara ketat mematuhi prinsip ini?” begitu cuitan Musk pada 25 Maret.
Given that Twitter serves as the de facto public town square, failing to adhere to free speech principles fundamentally undermines democracy.
What should be done? https://t.co/aPS9ycji37
— Elon Musk (@elonmusk) March 26, 2022
Tweet-nya muncul sehari setelah dia mengeluarkan polling Twitter yang menanyakan pengguna apakah mereka percaya Twitter mematuhi prinsip kebebasan berbicara, di mana lebih dari 70% memilih "tidak".
"Konsekuensi dari jajak pendapat ini akan menjadi penting. Silakan memilih dengan hati-hati," katanya, Jumat.
BACA JUGA:
Jika Musk memutuskan untuk terus membuat platform baru, dia akan bergabung dengan portofolio perusahaan teknologi yang berkembang yang memposisikan diri mereka sebagai juara kebebasan berbicara dan yang berharap dapat menarik pengguna yang merasa pandangan mereka ditekan di platform seperti Twitter, Facebook milik Meta Platform dan YouTube Google milik Alphabet. Baca selengkapnya
Tak satu pun dari perusahaan tersebut, termasuk Truth Social dari Donald Trump, dan pesaing Twitter Gettr and Parler dan situs video Rumble, yang hampir menyamai jangkauan dan popularitas platform arus utama sejauh ini.
Mungkin dengan masuknya Musk ke dalam bisnis media sosial itu, akan membuat perubahan signifikan terhadap jangkaun dan pengaruhnya di media sosial.