Setelah Berhasil Memukau Publik Selama 20 Tahun, Robot Asimo Honda Pamit
Robot humanoid Asimo Honda Motor Co. akan pensiun (Foto: Honda Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Robot humanoid Asimo Honda Motor Co. akan mengakhiri karirnya selama 20 tahun yang memukau publik dengan demonstrasi berjalan serta menari di markas besar pembuat mobil Tokyo, pada Kamis nanti.

Menurut informasi dari Kyodo, Honda telah menghentikan semua pengembangan Asimo dalam beberapa tahun terakhir setelah upgrade terbarunya pada 2011 silam, untuk membuat keputusan otonom seperti menghindari menabrak seseorang saat berjalan.

Menjelang penampilan terakhir Asimo, para penggemar mengunjungi showroom Honda untuk bertemu sekaligus berpamitan dengan robot pintar ini.

Honda mengatakan bahwa mereka akan tetap melanjutkan penjualan barang Asimo setelah robot menggunakan baju astronot itu pensiun. Keputusan tersebut dilakukan untuk menjaga karakter tetap aktif.

Sejak debutnya pada tahun 2000, Advanced Step in Innovative Mobility alias Asimo telah menjadi simbol dari perintis teknologi robot Jepang. Asimo menguasai kemampuan berlari, melompat dengan satu kaki, berbicara bahasa isyarat dan menuangkan kopi ke dalam tumbler.

Asimo juga sudah menunjukkan kemampuannya pada tahun 2002, di mana Asimo membunyikan bel pasar saham untuk membuka sesi perdagangan dalam peringatan 25 tahun pencatatan Honda di Bursa Efek New York.

Kemudian pada 2014, robot berkaki dua itu menyapa Presiden AS Barack Obama ketika mengunjungi Jepang dalam bahasa Inggris. Asimo juga memamerkan gerakan menendang bola dan melompat di National Museum of Emerging Science and Innovation di Tokyo.

Sejak saat itu, robot tersebut telah mendemonstrasikan kemampuannya yang mirip manusia di museum sains dan juga di showroom Honda.